Rishi Sunak Sampaikan Pidato Perdananya Usai Terpilih sebagai PM Inggris

PM Inggris Rishi Sunak Foto: VOA Indonesia

JagatBisnis.com  Rishi Sunak menyampaikan pidato pertamanya usai diterpilih sebagai Perdana Menteri Inggris, Senin (24/10/2022). Politisi 42 tahun ini mengaku mendapatkan kehormatan yang luar biasa atas amanah yang diberikan.

“Saya ingin memberi penghormatan kepada Liz Truss atas pengabdiannya kepada publik untuk negara,” kata Sunak seperti dilansir CNN.

“Dia (Liz Truss) telah memimpin dengan bermartabat dan anggun melalui masa perubahan besar,” lanjutnya.

Sunak mengatakan Inggris adalah negara yang hebat dan kuat, tapi di sisi lain Inggris harus bersiap menghadapi tantangan ekonomi yang berat di masa mendatang.

“Kami membutuhkan stabilitas dan persatuan, dan saya akan menjadikannya prioritas utama saya untuk menyatukan partai dan negara kami,” ujar dia.

“Saya berjanji bahwa saya akan melayani Anda dengan integritas dan kerendahan hati. Saya akan bekerja untuk semua rakyat Inggris,” tegas Sunak.

Seperti diketahui, Rishi Sunak terpilh menjadi Perdana Menteri Inggris menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri pada pekan lalu.

Mantan Menteri Keuangan di pemerintahan Boris Johnson itu dipastikan meraih posisi PM Inggris setelah satu-satunya pesaing, Penny Mordaunt, menyatakan mundur dari pencalonan.

Meski menyatakan mundur, Mordaunt mengatakan tetap akan memberikan dukungan penuh kepada Sunak untuk memimpin pemerintahan Inggris ke depan. (tia)

MIXADVERT JASAPRO