Laporan Penyakit Gagal Ginjal Telah Diterima Menko PMK

Ilustrasi Sirop Foto: rri.co.id

JagatBisnis.com Menko PMK Muhadjir Effendi berkata telah menyambut informasi terpaut penyakit gagal ginjal akut kepada anak. Gagal ginjal akut kepada anak diprediksi akibat obat batuk sirop serta peredarannya telah diberhentikan sementara.

“ Sudah lapor ke saya( kasus ginjal akut), tapi belum karena saya harus ngundang dengan Menteri Perdagangan, Kementerian Perindustrian terutama karena kemungkinan ini bahan bakunya impor,” tutur Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat( 21/ 10).

“ Bahkan mungkin obatnya itu sendiri impor,” lanjutnya.

Baca Juga :   Pasien Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut Meningkat jadi 269 Kasus

Lebih jauh, esoknya pabrik obat dalam negeri pula hendak disupervisi oleh Kementerian Perindustrian.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Terima Laporan TGIPF

“ Di dalam negeri mesti kita libatkan juga Kementerian Perindustrian bagaimana supervisinya terhadap industri- industri domestik yang sekarang dicurigai sebagai pemicu gagal ginjal akut itu,” tegas Muhadjir.

Sebelumnya, BPOM sudah menarik 5 obat yang memiliki Etilen Glikol( EG) dampak melonjaknya permasalahan gagal ginjal akut pada anak.

Baca Juga :   Bantah Menko PMK, Terkait Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Papua

“ Memerintahkan kepada industri farmasi pemilik izin edar untuk melakukan penarikan sirup obat dari peredaran di seluruh Indonesia dan pemusnahan seluruh bets produk,” kata Kepala BPOM Penny Lukito dalam rilisnya, Kamis( 20/ 10). (tia)

MIXADVERT JASAPRO