Polri Ikut Pantau BPOM Tarik Peredaran Beberapa Obat Jenis Sirop

Ilustrasi obat sirop yang ditarik BPOM Foto: Grid.id

JagatBisnis.com –  Polri menyatakan kesiapannya dalam membantu melakukan pemantauan peredaran beberapa obat jenis sirop yang kini telah ditarik dari pasaran. Obat sirop itu diduga menjadi penyebab gagal ginjal pada anak.

“Polri siap membantu kementerian terkait di pusat dan daerah,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah kepada wartawan, Jumat (21/10).

Nurul menjelaskan, para kepala satuan wilayah mulai dari Kapolda, Kapolres hingga Kapolsek telah ditugaskan untuk membantu memantau peredaran obat sirup yang telah ditarik dari pasaran.

Baca Juga :   BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Pfizer

“Para Kasatwil sudah diinfokan untuk membantu melakukan pemantauan,” katanya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik lima obat yang mengandung Etilen Glikol (EG) akibat melonjaknya kasus gagal ginjal akut pada anak.

“Memerintahkan kepada industri farmasi pemilik izin edar untuk melakukan penarikan sirup obat dari peredaran di seluruh Indonesia dan pemusnahan seluruh bets produk,” ungkap Kepala BPOM, Penny Lukito dalam rilisnya, Kamis (20/10).

Selain menarik peredaran dari lima obat yang mengandung senyawa EG di atas ambang batas, BPOM juga memerintahkan kepada industri farmasi untuk melaporkan hasil uji mandiri.

Baca Juga :   Ade Armando Minta BPOM Jangan Hambat Peredaran Ivermectin

“Industri farmasi juga dapat melakukan upaya lain seperti mengganti obat formula obat dan/atau bahan baku jika diperlukan,” kata Penny.

Lima obat sirup ditarik peredarannya akibat mengandung senyawa Etilen Glikol di atas ambang batas aman.

Kelima produk tersebut adalah:
1. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex untuk kemasan dus dan botol plastik @60 ml.
2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama, kemasan dus dan botol plastik @60 ml.
3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Pt Universal Pharmaceutical Industries, kemasan dus dan botol plastik @60 ml.
4. Unibebi Demam Sirup (obat demam) produksi Pt Universal Pharmaceutical Industries, kemasan dus dan botol plastik @60 ml.
5. Unibebi Demam Drops (obat demam) produksi Pt Universal Pharmaceutical Industries, kemasan dus dan botol plastik @15 ml. (tia)