Seorang Anak di Jogja Penderita Gagal Ginjal Meninggal Dunia

Ilustrasi pasien Foto: CNN Indonesia

JagatBisnis.com – Pasien anak gagal ginjal yang meninggal dunia saat ini meningkat lagi. Penderita itu sepanjang ini telah menempuh perawatan yang intensif di RSUP dr Sardjito. Saat ini sedang terdapat 4 pasien anak lagi yang menempuh perawatan di rumah sakit itu.

” 4 yang dirawat itu 3 di bangsal biasa dan 1 lagi masih di ICU,” tutur Dokter spesialis anak serta ahli Metereologi anak RSUP Dokter Sardjito, dokter Kristiya Hermawan, Rabu( 19/ 10/ 2022).

Ia mengatakan dari 13 penderita gagal ginjal akut keseluruhan terdapat 6 yang meninggal dunia. Dari 13 permasalahan itu, 6 anak meninggal dunia, 3 anak diklaim membaik. Walaupun 3 anak diklaim membaik namun 1 di antara lain sedang hadapi penurunan kesadaran. Kristiya mengatakan dari 13 permasalahan itu, 6 anak berawal dari DIY serta 7 anak dari luar DIY di antara lain dari Jawa Tengah serta Jawa Timur bagian barat. Buat 6 permasalahan yang berawal dari area DIY itu, 2 anak mempunyai riwayat berhubungan dengan Covid- 19.

Baca Juga :   Pelaku Penusukan Terhadap Anak di Cimahi Ditangkap Polisi

” Sisanya 4 orang anak berikutnya belum diketahui sebab pastinya,” jelas ia.

2 penderita dari Purworejo Jawa Tengah masih dalam proses cuci darah satunya sedang dirawat. Setelah itu dari Magetan dikala ini cuci darah, Wates Kulonprogo DIY. dinyatakan sembuh, Sleman DIY sedang dirawat. Ia meningkatkan penderita yang meninggal itu antara lain dari Wonogiri Jawa Timur, Temanggung Jawa Tengah, Slawi Jawa Tengah, Sleman DIY Piyungan dan Sedayu Bantul serta Ngawi Jawa Timur.

Baca Juga :   Diego Maradona Seperti Mayat Hidup Jelang Wafat

Yang sembuh terdapat 3 orang serta mereka telah dipulangkan,” tutur ia.

Mereka dipulangkan tanpa harus menempuh cara transfusi darah walaupun fungsi ginjal tidak berperan penuh semacam 100 persen sedia kala. Serta terdapat penderita yang membaik tetapi sedang dalam situasi penurunan kesadaran. Di mana penderita itu sesungguhnya telah siuman tetapi reaksi serta guna syarafnya sedang belum normal. Beliau membenarkan memanglah penurunan kesadaran sepanjang ini pula jadi salah satu penghalang pengobatan. Pakar metrologi anak serta spesialis anak yang pula konsultan anak, dokter Retno Palupi mengatakan tim dokter RSUP Dokter Sardjito di bagian metrologi anak menulis semenjak Agustus 2022 terdapat kenaikan gagal ginjal akut( AKI). Mereka menciptakan sebagian permasalahan yang memanglah tipenya tidak khas.

Baca Juga :   TNI Berduka, Sertu Marinir Daryono Wafat

” Dulu memang ada rata- rata setahun 1- 2 kasus namun tidak seprogresif ini,” jelas ia. (tia)

MIXADVERT JASAPRO