Kiev Putus Hubungan Diplomatik dengan Teheran

JagatBisnis.comUkraina memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran karena Teheran dianggap terbukti memasok drone “kamikaze” yang mematikan ke Rusia. Drone itu telah menimbulkan kerusakan parah di wilayah Ukraina.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba mengungkapkan, Moskow telah meluncurkan puluhan drone Shahed 136 buatan Iran di kota-kota Ukraina dalam dua minggu terakhir, menghancurkan infrastruktur energi dan membunuh warga sipil.

“Tindakan Iran keji dan menipu. Kami tidak akan membuat mereka menderita, karena semua tindakan itu dilakukan sementara. Iran mengatakan kepada kami bahwa mereka tidak mendukung perang dan tidak akan mendukung pihak mana pun dengan senjata mereka,” tegasnya, seperti dikutip dari Arab News Rabu (189/10/2022).

Baca Juga :   Pertemuan Rusia-Ukraina untuk Pertama Kalinya Bahas Masalah Krisis Pangan

Kuleba menjelaskan, Kiev yakin mereka adalah orang Iran dan akan siap untuk berbagi “sekantong bukti” dengan kekuatan Eropa mana pun yang memiliki keraguan. “Teheran memikul tanggung jawab penuh atas kehancuran hubungan dengan Ukraina,” kata Kuleba.

Baca Juga :   Pusat Komando Militer Kiev dan Kharkiv Ukraina Dihantam Serangan Rudal

Kuleba juga memaparkan, pihaknya telah mendesak Uni Eropa untuk menjatuhkan sanksi terhadap Iran karena membantu Rusia membunuh warga Ukraina.

Baca Juga :   Pangkalan Udara Diserang Rusia, 70 Tentara Ukraina Tewas

“Sanksi berat terhadap Iran sangat relevan saat ini, karena kami menyaksikan laporan tentang niat Iran untuk memberikan rudal balistik Rusia untuk digunakan melawan Ukraina,” tutup Kuleba. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO