Wisata  

Festival Kuliner Indonesia Semarakkan Musim Gugur di Portugal

JagatBisnis.com – Kesuksesan Mercado Culinaro Indonesio pada Juni 2022 lalu, membuat KBRI Lisabon kembali menyelenggarakan Mercado Culinaro Indonesio untuk kali kedua di tahun 2022, tepatnya Oktober 2022. Mercado kali ini diselenggarakan di tengah musim gugur di Portugal. Ini merupakan ajang memenuhi kerinduan diaspora Indonesia maupun masyarakat Portugis atas kuliner Indonesia.

Duta Besar LBBP RI untuk Portugal, Rudy Alfonso menjelaskan, Mercado Culinaro Indonesio adalah terjemahan bahasa Portugis yang artinya “Pasar Kuliner Indonesia”. Ajang ini bertujuan untuk mempromosikan kekayaan kuliner serta produk Indonesia di Portugal. Kegiatan ini bagian dari misi yang ingin mempromosikan citra positif Indonesia.

“Saya yakin dukungan citra positif Indonesia di sisi kuliner akan memberikan dampak ekonomi yang cukup besar bagi Indonesia dan Portugal,” ujar Dubes Rudy dalam sambutannya, seperti dikutip Senin (17/10/2022).

Baca Juga :   4 Kedai Ramen Paling Enak di Jakarta Selatan

Dia juga menyinggung tentang harapan ekspansi masakan tradisional Indonesia di negara yang terkenal akan permainan sepakbolanya itu. “Saya senang semakin banyak orang Portugis yang suka masakan Indonesia. Nah, kita mengharapkan juga semakin banyak pula diaspora Indonesia yang membuka restoran di Portugal,” ungkapnya.

Baca Juga :   Tak Semua Pelaku UMKM Kuliner Terdampak Pandemi Covid-19

Dia memaparkan, ada sekitar 40 jenis makanan yang dijual. Mulai dari menu favorit sate ayam, nasi goreng, mie goreng, bakso, bubur ayam, rendang, siomay, nasi kuning, ayam woku, aneka lumpia, hingga beragam gorengan dan jajanan pasar. Primadona kuliner tetap dipegang oleh sate ayam dengan lebih dari 1.000 tusuk yang habis terjual sebelum acara selesai.

“Ada sebanyak 500 orang yang memadati halaman belakang KBRI Lisabon dan sibuk memilih kudapan nusantara yang ingin dicicipi.Tak disangka-sangka, cuaca selama acara berlangsung sangat bersahabat. Walaupun temperatur kota Lisabon sudah sejuk, hal ini tidak menggoyahkan semangat para pengunjung untuk merasakan kuliner Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga :   Ini Rekomendasi Kuliner Khas Solo yang Perlu Dicicipi

Dia menambahkan, tidak hanya menyajikan kuliner, kali ini KBRI Lisabon menerima partisipasi stand agen perjalanan Travelutions yang menyediakan paket-paket wisata ke Indonesia. Selain itu, Emirates sebagai salah satu maskapai internasional yang memiliki rute penerbangan (dengan satu kali transit) Lisabon – Jakarta dan Lisabon – Bali, juga ikut berpartisipasi dalam MCI.(*/els)

MIXADVERT JASAPRO