Peluncuran IndoVac, Jokowi: Mulai Hari Ini Kita Produksi Vaksin Covid-19 Sendiri

JagatBisnis.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan vaksin Indovac produksi PT Biofarma di Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). Maka, sejak hari ini Indonesia telah mampu memproduksi vaksin Covid-19 sendirk. Adapun kapasitas vaksin tahun ini, nanti kurang lebih 20 juta.

“Tahun depan bisa 40 juta dan kalau memang pasar masih memerlukan bisa sampai ke 120 juta dosis vaksin,” kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/10/2022).

Jokowi menjelaskan, keberhasilan Indonesia dalam memproduksi vaksin Covid-19, karena kerja keras sumber daya manusia (SDM) dalam waktu kurang lebih 1,5 tahun dapat menggarap vaksin. Biofarma dalam setahun bisa memproduksi 3 miliar dosis vaksin.

Baca Juga :   Indovac, Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri

“Vaksin tersebut telah diekspor ke 153 negara. Produsen vaksin yang masuk 5 besar dunia dan memproduksi bermacam-macam vaksin, baik itu vaksin polio, difteri, miningitis, flu, campak. Dan yang terakhir yang kita resmikan pada hari ini adalah vaksin Covid dan kita beri nama Indovac,” ungkapnya.

Baca Juga :   Vaksin IndoVac Disiapkan untuk Jadi Penangkal Varian Omicron XBB

Maka dari itu, Jokowi meminta Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan untuk mendukung PT Biofarma dalam memproduksi vaksin, khususnya Indovac. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO