3 Rumah di Cibinong Rusak Berat karena Longsor

Ilustrasi rumah rusak

JagatBisnis.com 3 rumah masyarakat di Kampung Cibinong, Desa Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rusak berat dampak diterjang musibah longsor serta pergerakan tanah.

Tidak terdapat korban jiwa atau cedera dalam musibah itu, tetapi kehilangan materil ditaksir menggapai puluhan juta rupiah. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah( BPBD) Kabupaten Cianjur Rudi Labis Wibowo berkata, musibah longsor serta pergerakan tanah yang menerpa area itu diprediksi dipicu dampak getaran gempa yang terjadi hari Minggu( 9/ 10) yang berfokus di area Banten.

” 3 rumah warga rusak berat pada bagian bangunan dapur, atap, dan kamarnya. Diduga dampak dari getaran gempa yang berpusat di Banten beberapa hari kemarin karena terpantau ada retakan tanah usai terjadinya gempa tersebut,” tutur Rud pada reporter, Rabu( 12/ 10).

Baca Juga :   Warga Diminta Waspada Tebing di Jalur Selatan Cianjur Rawan Longsor

Aparat dikala ini sedang melaksanakan asesmen serta penindakan di posisi peristiwa dan senantiasa mengimbau masyarakat supaya meningkatkan kewaspadaan serta berjaga- jaga dengan bermacam potensi kebencanaan.

Baca Juga :   Pemotor di NTT Alami Patah Tulang Usai Tertimpa Longsor

Sedangkan itu, Kasi Pemerintah Desa Ciwalen Dede Masud berkata, tanah longsor serta pergerakan tanah yang menerpa wilayahnya menyebabkan 3 kepala keluarga( KK) dengan jumlah 9 jiwa terpaksa diungsikan ke posisi yang lebih nyaman. Tidak hanya menyebabkan 3 rumah masyarakat rusak berat, tutur Dede, tanah longsor serta pergerakan tanah pula menimbulkan puluhan rumah masyarakat terancam.

Baca Juga :   3 Korban Longsor Ditemukan di PLTA Batang Toru

” Kita harap segera ada penanganan lebih lanjut dari pemerintah daerah, karena untuk kebutuhan masyarakat yang terdampak telah lumayan dari penguasa dusun. Paling utama, buat pembangunan atau koreksi rumah warga yang rusak berat,” pungkas Dede. (tia)

MIXADVERT JASAPRO