Halau Banjir, Pompa Air Jakarta Disiagakan

JagatBisnis.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan alat pemompaan air unruk Banjir akan disiagakan guna menghadapi cuaca ekstrem pekan ini. Hal ini merujuk prediksi BMKG Indonesia mengalami cuaca ekstrem mulai 9 Oktober-15 Oktober 2022. Karena ramalan cuaca ekstrem juga meliputi perkiraan curah hujan lebat.

“Itu artinya kita semua harus siaga, potensi tanah longsor di Indonesia, potensi limpahan air karena hujan yang ekstrem itu bisa terjadi. Termasuk juga kami di Jakarta mengantisipasi dengan memastikan semua alat-alat yang bisa digunakan untuk pemompaan itu disiagakan. Dipastikan pompa itu berfungsi agar banjir kali ini harus secepatnya surut,” kata Anies di Bekasi, Senin (10/10/2022).

Dia menjelaskan, adapun pompa air yang disiagakan meliputi pompa stasioner dan pompa portabel (mobile). Tak hanya itu, sejumlah truk pemadam kebakaran dan tangki air milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota pun juga disiagakan untuk kondisi ini.

Baca Juga :   Rayakan Hari Jadi, Satpol PP dan Satlinmas Diminta Menjaga Integritas dan Humanis

“Kondisi cuaca ekstrem tak mampu menghasilkan genangan di DKI Jakarta. Pasalnya curah air hujan pada cuaca ekstrem berkisar antara 140-180 mm air per hari. Sistem drainase yang ada hanya mampu menampung 250 mm per harinya. Oleh sebabnya, tanggung jawab kami memastikan agar respons terhadap banjir lebih cepat dengan mengeringkan fasilitas yang ada. Seluruh masyarakat Jakarta agar waspada dengan banjir akibat cuaca ekstrem,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO