Musim Hujan, PLN Sering Putus Aliran Listrik

JagatBisnis.comPT PLN (Persero) akan terus memastikan keamanan dan keselamatan pelanggan saat memberikan layanan listrik, terutama di tengah musim penghujan seperti saat ini. Salah satunya, dengan memutus aliran listrik dalam kondisi tertentu.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto menjelaskan, di musim penghujan terkadang ada hal yang tidak diinginkan terjadi, yang membuat pihaknya harus mengambil tindakan untuk menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan.

“Karena keselamatan pelanggan adalah paling utama. Misalnya, ketika banjir terjadi, PLN terpaksa melakukan pemutusan aliran listrik sementara untuk meminimalisir potensi yang dapat membahayakan pelanggan,” katanya, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga :   PLN Gelar Ramadhan Electric Food Fest 2022

Menurut dia, pemutusan aliran listrik saat musim penghujan biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor. Pertama, gardu listrik yang terendam air. Intensitas hujan yang tinggi bisa menimbulkan banjir yang tak jarang, turut merendam gardu listrik. Pada kondisi tersebut, maka aliran listrik mesti diputus sementara. Hal ini dilakukan untuk mencegah sengatan listrik yang membahayakan pelanggan, sekaligus mencegah potensi gangguan kelistrikan yang lebih besar.

Baca Juga :   Begini Kata PLN Soal Usul Penghapusan Golongan Daya Listrik 450 VA

“Kedua, kabel listrik tertimpa pohon. Selain banjir, pohon tumbang juga dapat menyebabkan aliran listrik terputus. Faktor pemutusan aliran listrik ketiga, curah hujan dengan intensitas tinggi yang berisiko membuat tanah jadi longsor, sehingga berpotensi merubuhkan jaringan dan memutus suplai listrik,” terangnya.

Baca Juga :   PLN Ajak ION Mobility Bangun 100 SPLU di DKI Jakarta

Keempat, lanjutnya dia, faktor petir yang menyertai hujan. Sambaran petir tersebut dapat menyebabkan gangguan distribusi listrik, baik pada trafo distribusi maupun jaringan PLN.
Gregorius mengingatkan, masyarakat yang melihat potensi gangguan aliran listrik bisa lapor lewat aplikasi PLN Mobile.

“Lewat PLN Mobile, kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” pungkas Gregorius. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO