BRI Peduli Bersihkan Kali untuk Masyarakat

JagatBisnis.com – BRI Peduli melakukan program Bersih-Bersih Kali di berbagai wilayah di Indonesia. Kegiatan CSR kali ini mengusung semangat Pro Planet, Pro People, dan Pro Profit. Adapun kegiatan Yang dilakukan, berupa pembersihan dan pengerukan kali, pembangunan sejumlah sarana maupun prasarana seperti taman, ruang terbuka hijau, serta area ramah anak, dan juga edukasi masyarakat mengenai pemeliharaan aliran kali/sungai yang sehat yang bermanfaat bagi kehidupan.

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan, program ini merupakan bagian dari upaya BRI menjaga ekosistem kehidupan di sekitar kali/sungai. Program yang telah dimulai sejak 2019 ini diprioritaskan di beberapa kota di Indonesia. Dalam program ini, pihaknya mengacu pada konsep Triple Bottom Line yang berdasar pada keberlanjutan, yakni Pro People, Pro Planet dan Pro Profit.

“Melalui kegiatan ini, kami akan mengubah kali/sungai di kota-kota di Indonesia agar menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong keberlangsungan hidup masyarakat perkotaan,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Baca Juga :   Tahun 2022, Porsi KUR BRI Ditambah Jadi 60 Persen

Dia mengungkapkan, pada Tahap Pertama, program ini telah dilaksanakan di 18 wilayah di Indonesia. Pada tahun 2022, program ini dijalankan di 10 kota terpilih. Pihaknya tidak hanya melakukan pembersihan dan pengerukan kali/sungai, tapi juga membangun sejumlah sarana dan prasarana seperti taman, ruang terbuka hijau, dan area ramah anak, serta mengedukasi masyarakat mengenai pemeliharaan aliran kali/sungai yang sehat yang bermanfaat bagi kehidupan.

Baca Juga :   HUT Ke-126, BRI Jadi Induk Holding BUMN UMi

“Program ini juga mengedukasi masyarakat untuk mengelola sampah yang memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sungai. Sampah yang terkumpul dari kali tersebut dipilih dan dipilah, dipisahkan sampah organik dan anorganik/plastik. Sampah organik yang sudah dipilah bisa dimanfaatkan untuk keperluan masayarakat seperti bahan pupuk kompos, tambahan pakan ternak, urban farming, bahkan bisa diolah menjadi biogas,” terangnya.
(*/eva)

MIXADVERT JASAPRO