Bendungan Manikin Kupang Ditargetkan Selesai 2024

JagatBisnis.com-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Bendungan Manikin, Kupang rampung pada 2024 mendatang. Meskipun sempat terkendala lahan, proyek infrastruktur tersebut diprediksi selesai tepat waktu.

“Diperlukan beberapa langkah untuk melakukan percepatan pembangunan Bendungan Manikin. Salah satunya pekerjaan konstruksi dilakukan secara paralel di semua bagian bendungan, tidak perlu sekuensial atau menunggu satu bagian selesai baru dikerjakan bagian lainnya,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/10/2022).

Menurut dia, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah segera menyusun langkah teknis untuk penyelesaian terowongan dan bagian inti tubuh bendungan sesuai dengan kondisi lapangan. Langkah terakhir, pihaknya meminta dipetakan secara detail pembuatan drainase untuk pengamanan lereng-lereng di semua bagian bendungan untuk mencegah terjadi longsor.

Baca Juga :   PLN NTT Hadirkan SPKLU di Kota Kupang

“Prediksi BMKG saat ini sudah masuk musim hujan, untuk itu tolong drainasenya dipetakan secara detail,” tegas Basuki.

Baca Juga :   PLN Tingkatkan Keandalan Suplai Listrik di Kupang

Dia menjelaskan, bendungan dengan kapasitas tampung 28,20 juta m3 direncanakan dapat memenuhi kebutuhan irigasi lahan pertanian seluas 310 Hektar (Ha) di Kabupaten Kupang. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber air baku sebesar 700 liter/detik untuk Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,13 MW dan pengendalian banjir 169,45 m3/detik.

Baca Juga :   PLN NTT Hadirkan SPKLU di Kota Kupang

“Bendungan Manikin di Kupang dengan nilai Rp1,9 triliun yang dikerjakan dalam dua paket. Paket I dikerjakan kontraktor pelaksana PT. Wijaya Karya (Persero), PT. Adhi Karya (Persero) dan PT. Jaya Konstruksi (KSO) dengan nilai kontrak Rp1,023 triliun,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO