Berita  

Pemprov DKI Bakal Hilangkan Industri Gunakan Batu Bara di Jakarta

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen menghilangkan industri di Ibu Kota yang masih menggunakan batu bara secara perlahan. Rencananya akan diganti
dengan gas.

”Kalau di Jakarta, pelan-pelan industri yang menggunakan batu bara akan kami hilangkan, dan akan kami ganti dengan gas,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, Kamis (29/9/2022).

Asep pun menyinggung permasalahan debu batu bara di lokasi bongkar muat yang merembet ke kawasan permukiman di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Jadi yang ada di Marunda itu stockpile untuk industri di luar Jakarta.

Baca Juga :   Warga DKI Diminta Stop Gunakan Air Tanah

“Kami berkomitmen, tidak ada lagi industri-industri yang menggunakan batu bara,” imbuhnya.

Baca Juga :   Praktik Mafia Tambang Masih Marak

Sebelumnya, warga Marunda, Cilincing, Jakarta Utara mengeluhkan debu mencemari lingkungan rumah hingga sampai ke area ‘Rumah Si Pitung’. Warga Marunda, Cecep Supriadi mengatakan debu berwarna hitam pekat mencemari lingkungan sejak Sabtu (3/9/2022).

Baca Juga :   Indonesia Jadi Andalan China Sebagai Pemasok Batu Bara

“Debu mengendap ke lantai dan mengotori permukiman karena terembus angin kencang. ”Debunya sama hitam pekat kayak sebelumnya, dan kondisi ini sangat meresahkan masyarakat di sini,” ucap warga itu. (*/esa)