Berita  

Semburan Lumpur di Indralaya Dipastikan Tidak Beracun

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – Hingga kini lokasi semburan lumpur yang terjadi di asrama putri Sekolah Islam Terpadu (SIT) Menara Fitrah Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (24/9/2022) lalu, masih dipasang garis polisi. Meski begitu, kandungan lumpur tersebut dipastikan tidak berbahaya dan tidak mengandung racun. Kepastian tidak berbahayanya kandungan yang terdapat di lumpur tersebut usai Health, Safety, Security, and Enviromental (HSSE) Zona 4 Pertamina Prabumulih memeriksa lokasi dan semburan lumpur.

Baca Juga :   Harga Mahal, Rare Earth Lumpur Lapindo Jadi Harta Karun Langka

Perwakilan HSSE Zona 4 Pertamina Prabumulih, Heru Riswanto menjelaskan, hasil pengukuran dan monitoring lokasi semburan lumpur tidak menunjukkan adanya gas yang mudah terbakar maupun beracun dari alat detector. Walau saat ini kondisi sudah terbilang aman, namun pihaknya tetap mengimbau masyarakat agar jangan melakukan aktivitas di areal tersebut.

“Untuk memastikan lokasi semburan lumpur memang benar-benar aman saat warga beraktivitas, kami akan melakukan observasi hingga dua hari ke depan. Setelah itu, dilakukan pengukuran kembali kandungan gas di lokasi tersebut. Karena kejadian serupa pernah terjadi di wilayah Desa Lorok, Kecamatan Indralaya Utara. Waktu itu semburan lumpur dan gasnya kecil. Kalau yang ini tekanan dan semburannya lebih tinggi,” ungkap Heru.

Baca Juga :   Harga Mahal, Rare Earth Lumpur Lapindo Jadi Harta Karun Langka

Menurutnya, selain material lumpur, juga terdapat kandungan gas mudah terbakar yang sempat termuntahkan. Namun, Heru memastikan tidak ditemukan gas beracun yang menyertai semburan lumpur kali ini.

Baca Juga :   Harga Mahal, Rare Earth Lumpur Lapindo Jadi Harta Karun Langka

“Pada awal semburannya sangat tinggi karena lubang keluar tapi udaranya kecil. Namun, saat ini sudah banyak rongga sehingga semburannya tidak setinggi di awal,” pungkas Heru. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO