Berita  

KAI Terus Sempurnakan KA Panoramic

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI saat ini berinovasi dengan meluncurkan kereta api (KA) panoramic. Menariknya, KA tersebut kini dilengkapi dengan sunroof. Selain jendela penumpang besar, KA juga memiliki jendela menghadap langit. KA ini merupakan modifikasi dari dua unit kereta eksekutif yang dulu pernah beroperasi pada KA Gajayana sebelum 2009.

Vice President Public Relation PT KAI, Joni Martinus menjelaskan, unit pertama adalah K109916, yang setelah selesai beroperasi pada KA Gajayana sempat beroperasi pada KA Sawunggalih di bawah pengawasan Depo Kutoarjo. Sedangkan unit kedua adalah K100111. Kedua KA itu beserta beberapa KA eksekutif produksi 1999 dan 2001 buatan PT Industri Kereta Api (INKA).

“Sementara KA lainnya tergantikan oleh KA eksekutif baru pada 2009. KA eksekutif produksi 2009 merupakan KA dengan jendela, seperti pesawat yang juga merupakan produksi INKA,” terangnya, Senin (26/9/2022).

Baca Juga :   Asik, Kini Fitur Penumpang KAI Bisa Nonton Film Tanpa Kuota Internet

Menurut dia, peluncuran KA panoramic ini sebagai upaya pihaknya untuk meningkatkan layanan pada penumpang. Oleh sebab itu, pihaknya ingin agar penumpang bisa menikmati perjalanan KA dengan penuh kesan. Sehingga pihaknya ingin penumpang bisa menikmati panorama selama perjalanan dengan maksimal. Selain itu, tempat duduknya juga tidak hanya bisa diputar depan dan belakang, tapi juga bisa menyamping.

Baca Juga :   KAI Segera Terapkan Teknologi Pengenal Wajah

“Kami merasa pemandangan selama perjalanan naik KA sangat luar biasa indah. Seperti area persawahan, pegunungan, terowongan, perbukitan bahkan laut sangatlah indah. Sehingga, sayang jika diabaikan begitu saja. Bahkan, perjalanan ini kami eksplore lebih dalam agar berkesan. Nanti akan ada amazing trip. Ini bagian upaya kami untuk meningkatkan layanan. Kami juga ingin jadikan perjalanan KA penuh panoramatic,” imbuh Joni.

Baca Juga :   Kereta Wisata dan Kereta Sultan Siap Angkut Pemudik

Dia menambahkan, terkait operasional, pihaknya masih belum bisa memastikan. Karena hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan penyempurnaan. Di antaranya, desain interior. Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan uji dinamis dan sudah berjalan dengan baik. Desain rangka bawah akan dibuat nyaman. Sehingga tidak begitu terasa getarannya.

“Nanti tunggu tanggal main peluncurannya Harapan kami semakin cepat semakin baik. Bahkan, kami sudah ada dua gerbong KA panoramic dan akan kami tambah satu lagi menjadi tiga,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO