Ini Bahan Makanan yang Cocok Disimpan di Freezer

Foto : Ilustrasi

JagatBisnis.com – Mesin pendingin (freezer) kerap digunakan ibu rumah tangga menyimpan makanan. Biasanya mesin pendingin digunakan untuk mengawetkan makanan yang sudah jadi hingga mengawetkan bahan makanan mentah, seperti daging, ikan dan ayam. Namun, ada juga jenis bahan makanan yang ternyata juga bisa disimpan di freezer.

Berikut 5 bahan makanan yang bisa di dalam freezer, menurut Koki sekaligus pemilik sekolah masak Purple Kalen Kitchenworks di Brooklyn, Ronna Welsh, seperti dikutip Minggu (25/9/2022).

1. Telur
Welsh mengatakan telur bisa disimpan di freezer. Namun, telur harus dipecahkan dan diaduk terlebih dahulu. Kemudian, dibekukan dalam wadah kedap udara di dalam freezer. Namun, disarankan jumlah telur yang dibekukan sesuai dengan yang dibutuhkan saat membuat makaroni, kue bolu, atau marshmallow.

2. Cabai Kering
Jika Anda suka menambahkan rasa pedas pada makanan, pertimbangkan untuk menyimpan cabai utuh kering di dalam freezer. Karena cabai kering utuh sering dijual dalam kemasan besar dan mudah rapuh. Maka, disarankan untuk membekukannya daripada menyimpannya di dapur, terutama jika jarang menggunakan cabai kering.

3. Buah Matang
Jika ada memiliki buah yang terlalu matang atau mungkin sedikit rusak karena lupa mengonsumsinya, maka sebaiknya tidak buru-buru membuangnya. Pertimbangkan untuk memasukkannya ke dalam freezer. Jika buah tersebut adalah pisang, maka Anda dapat menggunakannya untuk campuran es krim atau smoothies.

“Pisang sebaiknya dikupas sebelum dibekukan karena kulitnya bisa sulit dihilangkan setelah buahnya mengeras. Tempatkan pisang yang sudah dikupas dalam kantong freezer atau wadah kedap udara yang ramah freezer dan buahnya akan layak dikonsumsi hingga satu bulan kemudian,” terangnya.

4. Roti Potong Dadu
Meskipun menyimpan roti di dalam freezer bukanlah hal yang tidak terduga, cara memotong roti sebelum Anda membekukannya dapat menghemat waktu. Jika memotong roti menjadi berbentuk dadu, maka akan lebih memudahkan saat akan dicairkan digunakan sebagai isian atau puding roti.

5. Wine
Anda juga dapat menyimpan minuman wine di dalam freezer. Wine beku kemudian dapat dicairkan juga dapat ditambahkan ke punch atau sangria. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO