Indonesia Dianggap Berhasil Dorong Kebangkitan Pariwisata

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) mengapresiasi upaya yang dijalankan pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19 untuk mendorong kebangkitan pariwisata. Sehingga memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja dalam semangat pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno usai melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili di Bali, Minggu (24/9/2022) malam. Pertemuan itu berlangsung jelang pertemuan tingkat menteri pariwisata (Tourism Ministerial Meeting) negara anggota G20 pada Senin (26/9/2022) yang akan menyempurnakan sekaligus mengesahkan G20 Bali Guidelines yang di dalamnya ada serangkaian tindakan spesifik yang direkomendasikan untuk memajukan tujuan implementasi lima lines of actions.

“UNWTO menilai, kita berhasil menangani pandemi dan juga mendorong kebangkitan pariwisata. Di mana, kita berharap target kunjungan 1,8 sampai 3,6 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2022 ini,” kata Sandiaga.

Baca Juga :   Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Surabaya-Malang Perkuat Inovasi

Dia menjelaskan, saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia stabil di angka 10 ribu hingga 15 ribu wisatawan per hari. Dalam kunjungan ini, lama kunjungan (length of stay) serta kualitas belanja (average spending per arrival) wisatawan mancanegara juga sudah meningkat. Hal ini menunjukkan target pariwisata Indonesia menuju pariwisata yang berkualitas berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Lewat We Love Bali, Kemenpareraf akan Bantu Perbaiki Perekonomian Bali

“Jadi, kebangkitan bukan hanya melihat angka-angka tetapi juga kualitasnya. Yang kita sudah catat, sebelumnya (jumlah lama tinggal/length of stay) di bawah 3 hari namun sekarang sudah menuju 3 sampai 4 hari. Belanja yang biasa ditargetkan USD1.000 sekarang sudah mengarah naik 20 persen sampai USD1.200,” ungkap Sandiaga.

Menurut dia, Indonesia juga dinilai berhasil dalam meningkatkan daya saing pariwisata di level dunia. Berdasarkan laporan Travel Tourism and Development Index (TTDI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF) Indonesia naik 12 peringkat ke posisi 32 dunia. Indonesia berhasil mengungguli negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Baca Juga :   Menparekraf Ingin Tebing Breksi DIY Dikenal Sebagai Warisan Bumi Dunia

“Ke depan, Indonesia dianggap bisa membawa kepemimpinan dari segi wisata berbasis kebugaran dan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Hal ini juga mendapatkan tempat yang khusus dalam kebangkitan ini. Sehingga membawa pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Tadi UNWTO juga menggarisbawahi untuk kemungkinan forum investasi besar pariwisata dunia juga akan dibawa ke Indonesia tahun depan, juga wellness tourism,” papar Sandiaga. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO