Dipastikan LPG 3 Kg Tidak Akan Digantikan Kompor Listrik Tahun Ini

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – Program konversi gas LPG (melon) ke kompor listrik (LPG 3 kg) ke kompor listrik induksi tidak akan diberlakukan pada tahun 2022 ini. Pertimbangan tersebut diambil setelah pemerintah melihat langsung kondisi di lapangan. Untuk itu, pemerintah akan menghitung dengan cermat segala biaya dan risiko dengan memperhatikan kepentingan masyarakat, serta mensosialisasikan kepada masyarakat sebelum diberlakukan.

Baca Juga :   Konversi Gas, 1 Juta Kelurga di Jabar dapat Kompor Induksi

“Setelah melihat langsung kondisi di lapangan terkait konversi kompor LPG 3 kg menjadi kompor listrik induksi, dapat saya sampaikan, pemerintah belum memutuskan terkait program konversi kompor lpg menjadi kompor listrik induksi,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dikutip Minggu (25/9/2022).

Dia menjelaskan, sampai saat ini, pembahasan anggaran dengan DPR terkait program tersebut belum dibicarakan. Artinya, belum ada persetujuan dari DPR terkait program tersebut. Justru, program kompor listrik ini masih dalam tahap uji coba atau prototipe sebanyak 2 ribu unit.

Baca Juga :   Program Dibatalkan, Uji Coba Konversi Kompor Listrik Tetap Dilanjutkan

“Memang pemerintah berencana membagikan sebanyak 300 ribu kompor listrik. Adapun uji coba ini dilaksanakan di Bali dan Solo. Hasil dari uji coba akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan. Program kompor listrik induksi ini masih uji coba atau prototipe sebanyak 2 ribu unit dilaksanakan di Bali dan Solo,” paparnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO