Jembatan Gantung di Bantargadung Sukabumi Hanyut

JagatBisnis.com-Sebuah jembatan gantung yang membentang di antara Kampung Bantargadung Girang, Desa Bantargadung, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, hanyut terbawa arus sungai, pada Jumat (23/9/2022). Jembatan hanyut akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Bantargadung dengan waktu yang lama. Hujan turun dengan intensitas yang tinggi.

“Hujan deras mengakibatkan luapan dan arus yang sangat deras di sungai Cigadung yang membuat jembatan gantung tersebut membuat ambruk salah satu ujung bagian tembok pondasi yang terdapat besi penyangga untuk menahan kawat seling baja,” kata Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria Zulkarnain, Sabtu (24/9/2022).

Menurut dia, ambruk pondasi tersebut, membuat besi penyangga miring dan hanyut terbawa arus sungai. Selain itu juga, jembatan gantung tersebut terputus akibat bagian temboknya terbawa arus sungai dan tidak bisa dilalui oleh pengguna jembatan.

Baca Juga :   Banjir dan Longsor di Sukabumi, 19 Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

“Saat ini jembatan gantung yang menghubungkan Kedusunan I Cumanggala dengan Kedusunan II Bantargadung Girang tidak bisa digunakan dan akses warga terputus. Untuk itu saat ini warga sedang mengupayakan merelokasi jembatan agar warga tetap bisa beraktivitas,” ujar Sandra.

Baca Juga :   Guncangan Gempa Yang Terjadi di Bogor Berpusat di Sukabumi Berkekuatan 4,7

Sandra menjelaskan,jika tidak segera dibangun kembali jembatan gantung penggantinya, maka kegiatan ekonomi masyarakat akan terganggu. Selain itu juga aktivitas dua warga kampung tersebut akan terhambat karena harus melewati sungai Cigadung terlebih dahulu.

Baca Juga :   Banjir dan Longsor di Sukabumi, 19 Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

“Kejadian ini telah kami laporkan kepada pihak-pihak yang terkait. Selain itu, BPBD Kabupaten Sukabumi sudah berkoordinasi dengan warga, Pemdes Bantargadung dan Forkopimcam Bantargadung untuk penanggulangan awal,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO