Anggaran Definitif Kemenparenkraf Rp3,3 T Disetujui

JagatBisnis.com-Komisi X DPR RI menyetujui pagu anggaran definitif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) Baparekraf) tahun 2023 sebesar Rp3.381.345.168.000. Selain itu, juga disepakati program strategis nasional dan program-program bermanfaat yang dibutuhkan masyarakat untuk dilaksanakan Kemenparekraf.

“Dengan memperhatikan saran, pandangan, dan usulan anggota kami selama pembahasan RAPBN tahun anggaran 2023 yang telah dilakukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih yang bertindak sebagai pimpinan rapat di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2022).

Sementara itu, Menteri Parekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Uno menjelaskan, pagu anggaran itu nantinya akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengembangkan dan kebangkitan sektor parekraf Indonesia ke arah yang lebih baik. Anggaran tersebut juga akan difokuskan kepada program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Baca Juga :   We Love Bali, Menikmati Atraksi Lumba-lumba di Pantai Lovina

“Kami akan melaksanakan program-program yang menyentuh pelaku UMKM dan memberikan dukungan yang dibutuhkan masyarakat terdampak oleh inflasi dan potensi resesi pada 2023. Karena kami sangat yakin dengan dukungan, saran, masukan, dan bimbingan dari Komisi X DPR RI tahun 2023, kami akan bisa mengeksekusi program ini dengan penuh rasa tanggung jawab,” paparnya dalam rapat dengan Komisi X DPR RI.

Baca Juga :   Bebas Karantina, Kunjungan Wisman Capai Target

Pada kesempatan yang sama, Wamenparekraf/Wakabaparekraf, Angela Tanoesoedibjo menambahkan, pagu anggaran ini akan didistribusikan ke satuan kerja pusat sebesar Rp1,9 triliun. Kemudian, Rp45,1 miliar untuk tugas pembantuan organisasi pemerintah daerah (OPD) bidang parekraf. Adapun, Rp110 miliar disalurkan kepada Badan Pelaksana Otorita dan Rp1,3 triliun bagi unit pelaksana teknis (UPT) pendidikan bidang pariwisata.

Baca Juga :   Tetap Patuhi 3M, Ini 5 Strategi Persiapkan Liburan Disaat Pandemi

“Adanya pergeseran pagu anggaran antarprogram di satuan kerja Deputi Bidang Sumber Daya dan usulan perubahan pagu antar satuan kerja di Deputi Bidang Kebijakan Strategis dengan Deputi Bidang Pemasaran. Karena Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan mengusulkan pergeseran pagu antarprogram dari program kepariwisataan dan ekonomi kreatif ke program dukungan manajemen yang direncanakan untuk mendukung operasional perkantoran sebesar Rp2,4 miliar,” ulansnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO