Ini Kata Menlu Rusia, Tujuan Putin Caplok Wilayah Ukraina

JagatBisnis.com-Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergei Lavrov, membeberkan tujuan Presiden Vladimir Putin mencaplok 4 wilayah di Donbas, Ukraina. Pernyataan itu diungkapkan Lavrov dalam wawancara eksklusif kepada News Week jelang gelaran referendum di Luhansk, Donetsk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

“Dengan aksi mereka untuk memelihara rezim Neo-Nazi Russofobia di Ukraina, menyebarkan peralatan militer dan mengubah wilayah menjadi batu loncatan untuk menahan Rusia, Barat tidak memberi kami pilihan selain melakukan operasi militer khusus (menginvasi Ukraina),” kata Lavrov dikutip, Kamis (22/9/2022).

Menurut dia, tujuan pihaknya jelas sekali untuk melindungi penduduk Donbas, menghapus ancaman terhadap keamanan Rusia, demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina. Semuanya tetap relevan dan akan tercapai, tak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Baca Juga :   Singapura Beri Sanksi terhadap Rusia

“Rusia berhasil membebaskan wilayah Luhansk, Donetsk, Zaporizhzhia, dan Kherson. Kehidupan damai mulai terbentuk di wilayah itu. Meski ada pengeboman dan sabotase terus-menerus, perbaikan dan restorasi terus dilakukan untuk infrastruktur sipil dan area perumahan. Makanya, kini gedung-gedung sekolah, perumahan, rumah sakit, dan institusi kebudayaan terus dibangun,” terang dia.

Baca Juga :   Saat Bagikan Roti ke Warga, Wali Kota Ukraina Tewas Ditembak Pasukan Rusia

Lavrov menambakan, Barat dipimpin Amerika Serikat selalu terobsesi mengalahkan Rusia di medan pertempuran. AS dan sekutunya siap mengorbankan Ukraina demi tujuan geopolitiknya.

Baca Juga :   Tahun Ini, Presiden Ukraina akan Berkunjung ke Indonesia

“Maka, untuk mencapai tujuan itu, mereka memenuhi negara tersebut (Ukraina) dengan senjata-senjata sehingga menyebabkan eskalasi dan konflik,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO