Daerah ini Mulai Uji Coba Kompor Listrik Gantikan LPG 3 Kg

JagatBisnis.com-PT PLN (Persero) menargetkan pengadaan kompor induksi tahun ini bisa mencapai 300 ribu unit. Hal tersebut sejalan dengan rencananya mendorong program konversi LPG ke kompor listrik sebanyak 15,3 juta pelanggan. Uji coba kompor listrik di antaranya dilakukan di Solo dan Bali.

Baca Juga :   BBM Pertalite Disubsidi, Premium Bakal Dihapus

“Saat ini masih uji coba di 3 kota. Kami masih dipelajari respons masyarakat serta juga aspek teknis dari kompor induksi tersebut,” kata Plt. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana melalui keterangannya, Minggu (18/9/2022).

Dia menjelaskan, dari laporan ESDM, kompor listrik pengganti LPG 3 kg berdaya 1.000 watt. Saat ini yang sedang diuji coba adalah kompor listrik 2 tungku dengan kapasitas 1000 watt. Uji coba ini dilakukan dengan membuat jaringan khusus di rumah untuk kompor. Masing-masing daerah mendapat 1.000 kompor induksi.

Baca Juga :   Cadangan Migas Baru Ditemukan di Blok Mahakam

“Program konversi kompor ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengurangi beban negara atas impor LPG yang tiap tahun naik. Apalagi, selama ini khususnya LPG 3 kg merupakan barang subsidi yang masih dijual bebas. Sehingga tidak tepat sasaran dan menjadi beban APBN,” imbuhnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO