Studi: Tak Punya Teman dan Merokok Bisa Perpendek Umur hingga 8 Tahun

JagatBisnis.com-Studi terbaru menemukan, tak punya teman dan kesepian sama buruknya dengan merokok. Parahnya, kondisi ini bisa memperpendek umur hingga 8 tahun. Orang menilai, kesepian hanyalah keadaan pikiran dengan sedikit atau tanpa dampak pada kesehatan secara keseluruhan, tetapi sebenarnya bisa mematikan. Sama seperti patah hati atau stres dan emosi ekstrem yang benar-benar dapat berkontribusi pada sindrom patah hati, kesepian juga dapat berkontribusi pada krisis kesehatan utama.

Baca Juga :   Wartawan di Pasuruan Dikirimi Paket Misterius Diduga Berisi Racun

Studi yang dirilis oleh Universitas Harvard, menyatakan, tidak memiliki teman bisa sama mematikannya dengan merokok. Bahkan, tidak mempunyai teman juga bisa memperpendek umur 8 tahun. Studi tersebut menetapkan hubungan antara isolasi sosial dan kadar protein pembekuan darah yang dapat berkontribusi pada stroke atau serangan jantung.

“Karena kesepian bisa memicu pelarian dan melawan tingkat stres fibrinogen yang biasanya melonjak jika terjadi kehilangan darah dan cedera. Terlalu banyak, bagaimanapun, dapat meningkatkan tingkat tekanan darah dan menyebabkan pada pembentukan plak di arteri,” tulis laporan Harvard Health, seperti dikutip dari Times Now News, Minggu (18/9/2022).

Baca Juga :   Wartawan di Pasuruan Dikirimi Paket Misterius Diduga Berisi Racun

Menurut laporan itu, memiliki 10-12 atau lebih sedikit teman bisa memberikan dampak yang sama pada tingkat fibrinogen seperti merokok. Kesepian, dapat merusak kesehatan yang setara dengan merokok 15 batang sehari dan dapat memperpendek umur hingga 8 tahun.

Bahkan, sebuah studi longitudinal selama 75 tahun terhadap pria, kesepian adalah racun dan semakin banyak orang terisolasi, semakin tidak bahagia. Maka, fungsi otak menurun seperti kesehatan fisik.

Baca Juga :   Wartawan di Pasuruan Dikirimi Paket Misterius Diduga Berisi Racun

Studi lain mengatakan, kesepian dapat menular seperti halnya pilek. Orang yang kesepian akhirnya berbagi kesepian mereka dengan orang lain dan seiring waktu, sekelompok orang yang terputus membentuk jaringan yang bertambah seiring waktu sehingga kehilangan beberapa kontak yang tersisa. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO