Diduga Ini Sempat Heboh Hepatitis Akut Misterius, Ini Dugaan Penyebabnya

JagatBisnis.com-Hepatitis akut misterius sempat membuat heboh pada pertengahan 2022. Bukan tanpa alasan, sebab penyakit ini menyerang anak-anak dengan gejala yang cukup parah dan berpotensi menyebabkan kematian. Walau demikian, hingga saat ini belum diketahui pasti apa yang membuat penyakit hepatitis akut misterius itu tiba-tiba muncul. Penyakit ini sendiri memang mirip dengan penyakit hepatitis biasa, tapi gejalanya lebih parah.

Baca Juga :   Peralihan Musim, Kasus DBD di Indonesia Meningkat

“Tidak sedikit juga yang menganggap penyakit hepatitis akut misterius ini muncul dan menyerang anak-anak, karena ada immunity gap akibat pandemi Covid-19,” kata Dokter Spesialis Anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Hanifah Oswari, Sabtu (17/9/2022).

Dia menjelaskan, pandemi Covid-19 memang menyebabkan banyak perubahan, terutama untuk anak-anak yang masa tumbuh kembangnya dijalani saat pandemi terjadi. Hal ini termasuk kemungkinan terjadi immunity gap pada anak-anak pandemi.

Baca Juga :   Kemenkes Bentuk Tim Selidiki Kasus Gangguan Ginjal Akut pada Anak

“Waktu pandemi terjadi anak-anak dikunci, dilindungi, dan diam di rumah, memang mereka jarang sakit karena semuanya dilakukan di rumah, tapi begitu keluar kaget. Imunitasnya kaget karena selama ini tidak pernah ada stimulan,” ungkap Hanifah. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO