KAI Percepat Waktu Tempuh 10 Perjalanan KAJJ

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mempercepat waktu tempuh 10 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) mulai keberangkatan Rabu (28/9/2022) mendatang. Percepatan waktu tempuh perjalanan merupakan inovasi agar para pelanggan dapat tiba lebih cepat di tujuan. Hal itu sejalan dengan tema ulang tahun ke-77 KAI, yaitu Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan percepatan waktu tempuh KA ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan pada momen HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September. Adapun sejumlah kereta api yang mengalami percepatan waktu tempuh diantaranya KA Argo Sindoro (Gambir-Semarang Tawang pp), KA Argo Muria (Gambir-Semarang Tawang pp), KA Bima (Gambir-Surabaya Gubeng pp), KA Sembrani (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), dan KA Turangga (Bandung-Surabaya Gubeng pp).

“Sementara 10 perjalanan dari 5 nama KAJJ yang mengalami penyingkatan waktu hingga 31 menit. Sehingga para pelanggan pun dapat lebih efisien menggunakan waktunya dalam melakukan mobilitas keluar kota,” ungkapnya.

Baca Juga :   Arus Balik, KAI Medan Berhasil Menjual 30.749 Tiket KA

Menurut Joni, percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini dapat terwujud melalui perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan prasarana. Perbaikan tersebut dilakukan di berbagai lintas seperti Ciawi-Ciamis, Banjar-Kroya, Blitar-Kertosono, dan jalur-jalur lainnya.

Baca Juga :   KAI Siapkan 739 Ribu Tempat Duduk Selama Masa Mudik Lebaran 2022

“Adapun perbaikan yang dilakukan dintaranya, membangun jalur ganda kereta api, meningkatkan kualitas material jalan rel, meng-upgrade sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan. Dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan, maka kecepatan maksimal perjalanan ke-10 KAJJ tersebut dapat meningkat dari sebelumnya 105 km per jam meningkat menjadi hingga 120 km per jam,” bebernya.

Baca Juga :   Banyak Kecelakaan, KAI Daop 9 Jember Tutup 24 Perlintasan Liar

Dia mengaku, meski ada peningkatan kecepatan, pihaknya tetap selalu mengutamakan keselamatan perjalanan KA. Karena waktu perjalanan yang semakin singkat juga berpengaruh terhadap perubahan jadwal keberangkatan KA.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada calon pelanggan untuk mengecek dan memastikan kembali jam keberangkatan yang tertera di tiket,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO