Limbah Abu Batu Bara Bisa Jadi Pupuk Material Bangunan

JagatBisnis.com –  Pemanfaatan limbah Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) atau abu pembakaran batu bara hasil pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN sebagai material pembangunan rumah, jalan hingga jembatan. Sehingga mampu menekan biaya hingga 50 persen dibanding material konvensional. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN Yusuf Didi Setiarto, dalam keterangan tertulis, Minggu (28/8/2022).

Menurut dia, saat ini FABA telah digunakan untuk membangun 18,8 kilometer (km)?jalan serta 2 jembatan. Tak hanya itu, sebanyak 3.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) disebut telah memanfaatkan FABA untuk berbagai keperluan. Maka, pemanfaatan FABA ini sejalan dengan target Carbon Neutral pada tahun 2060.

“FABA yang bukan merupakan limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) telah menjadi sumber daya ekonomi sirkuler yang dapat dioptimalkan bagi kemaslahatan bersama. Melalui sinergi dengan BUMN, Pemda, TNI, Polri, dan masyarakat luas, kami bergotong royong memberi nilai tambah FABA bagi kebutuhan rakyat. Membangun jalan, rumah, sarana prasarana serta mendorong energi hijau untuk hidup yang lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sarwono Kusumaatmadja mengapresiasi langkah PLN Group yang melibatkan masyarakat dalam mengoptimalkan penggunaan FABA untuk beragam kebutuhan. Pemanfaatan FABA sebagai ekonomi sirkuler merupakan contoh kreativitas menghadapi krisis agar bisa bertahan.

“Ekonomi sirkuler adalah kegiatan berlangsung melingkar di mana ketika satu produk tercipta dan menghasilkan limbah, maka limbah itu dimanfaatkan kembali untuk menciptakan produk lain. Dengan demikian kemajuan perusahaan dan jumlah lapangan kerja baru yang luar biasa akan tercipta,” terangnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO