Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Mempercepat Timbulnya Tanda Penuaan

Ilustrasi wanita Foto: Digstraksi

JagatBisnis.com – Ketika kita berbicara mengenai penuaan, terdapat tanda-tanda yang tak bisa dihindari. Mulai dari kerutan, garis halus, kulit kendur, flek hitam, dan melasma.

Memang, seiring bertambahnya usia, kulit akan memunculkan tanda-tanda penuaan karena karena kerusakan kolagen dan elastin yang melemahkan struktur pendukung kulit. Tapi ternyata, itu bukan satu-satunya alasan, Ladies. Selain faktor usia, terdapat beberapa kebiasaan yang yang dapat mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Apa saja?

1. Menerapkan pola makan tidak sehat

Makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kesehatan wajah. Semakin tidak sehat makanan tersebut, semakin besar pula potensinya untuk menyebabkan wajah bermasalah.

Baca Juga :   Meski Sudah Divaksin Lengkap, COVID-19 Bisa Tularkan di Rumah

Terlalu banyak mengonsumsi junk food dan gorengan, misalnya. Makanan yang digoreng pada minyak bersuhu tinggi akan melepaskan radikal bebas yang dapat melemahkan elastisitas kulit. Sehingga, kulit jadi gampang kendur dan mengalami kerutan.

2. Tidak mencukupi kebutuhan air minum

Meski mudah dilakukan, nyatanya tidak semua orang mampu mencukupi kebutuhan air harian. Padahal, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi sehingga kulit rentan mengalami kerutan.

Baca Juga :   Waspadai, Terlalu Lama Duduk Bisa Terkena Osteoporosis

Kebutuhan air setiap orang berbeda tergantung kondisi tubuh. Namun, U.S. National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine menyarankan agar perempuan setidaknya meminum 2,7 liter air putih per hari, Ladies.

3. Jarang berolahraga

Ketika kita malas berolahraga, tubuh akan sulit mengalirkan oksigen ke kulit. Sehingga, kolagen dan sel-sel kulit baru bisa terhambat diproduksi.

Mulai sekarang, biasakan olahraga minimal 120 menit selama seminggu. Tak perlu yang berat, Anda dapat memulai latihan ringan seperti jogging atau zumba.

Baca Juga :   Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

4. Sering begadang dan kurang tidur

Dilansir Insider, kurang tidur dapat menyebabkan kulit kehilangan kadar air dan kehilangan kelembapan. Tak hanya itu, penurunan produksi hormon pertumbuhan juga dapat menyebabkan kulit terkikis ketebalannya. Hal ini dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput lebih rentan muncul.

5. Tidak menggunakan sunscreen

Ladies, paparan sinar matahari mengandung UV yang menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit. Oleh sebab itu, jangan lupa menggunakan sunscreen minimal dua ruas jari untuk mencegah hal ini. (pia)

MIXADVERT JASAPRO