Kemendikbudristek Sosialisasikan PHBS di Sekolah

JagatBisnis.com –  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mendorong penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Hal itu dilakukan melalui kolaborasi dengan pihak swasta untuk menggencarkan sosialisasi bersama di berbagai lembaga pendidikan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim mengatakan melalui kerja sama dengan Unilever Indonesis ini, pemerintah berharap agar setiap sekolah mampu secara mandiri mencegah penyakit serta berperan aktif mewujudkan lingkungan dan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter, dengan tiga kunci utama yakni Sehat Bergizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi.

“Kami menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman itu. Karena semakin memperkuat kolaborasi dengan pihak swasta ini yang juga mencakup pengembangan karakter dan potensi peserta didik, pengembangan diri bagi pendidik dan tenaga kependidikan, serta penyelenggaraan penelitian dan pengembangan keilmuan,” kata Nadiem dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga :   Kemendikbudristek Sebut Sekolah Berwenang Kembangkan Kurikulum Sesuai Kebutuhan

Sementara itu, Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Enny Hartati Sampurno menambahkan,,
Nota kesepahaman yang baru ditandantangani memperluas poin-poin kerja sama, termasuk pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik. Sehingga meningkatan kualitas serta akses kesehatan, nutrisi dan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan sumber daya manusia kebudayaan.

Baca Juga :   Kemendikbudristek Lanjutkan Pemberian Bantuan Kuota Data Internet dan Uang Kuliah Tunggal Tahun 2021

“Kami juga memberikan fasilitas pendukung, tetapi juga membekali guru dan siswa beragam pelatihan. Tahun ini pihaknya memiliki target untuk menjangkau 1,9 juta anak di 11 ribu sekolah dan pesantren. Adapun modul pembelajaran yang kami sampaikan terdiri dari edukasi Covid-19 dan protokol kesehatan, edukasi cuci tangan pakai sabun, pedoman ‘Isi Piringku’ dan pola hidup sehat, edukasi sikat gigi pagi dan malam, edukasi kebersihan kamar mandi dan toilet, dan edukasi pemilahan sampah,” tutup Enny. (eva)

MIXADVERT JASAPRO