Tiket Pesawat Mahal, KAI Siap Layani Wisatawan

JagatBisnis.com –  PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI siap mendukung kebijakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang menyarankan wisatawan untuk naik kereta api (KA). Apalagi, di tengah kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi saat ini.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pihaknya akan menyiapkan sarana dan prasarananya semaksimal mungkin agar dapat mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia. Selain itu, pihaknya juga akan mengakomodir peningkatan jumlah pelanggan KA melalui penambahan jumlah tempat duduk dan perjalanan KA.

“Kami akan terus memantau penjualan tiket secara realtime untuk memastikan wisatawan dapat bepergian dengan KA. Karena kami terbukti mampu untuk mengakomodir peningkatan jumlah pelanggan pada masa libur atau peak season. Misalnya, pada masa Angkutan Lebaran 2022 lalu, kami mampu melayani 4,39 juta pelanggan KA selama 22 hari,” kata Joni dalam keterangan tertulis, Rabu (24/8/2022).

Baca Juga :   Pagar Tembok Stasiun Purwokerto Dipercantik dengan Mural

Dia menjelaskan, selain mampu mengakomodir peningkatan jumlah pelanggan, pihaknya juga terus memastikan seluruh penumpang menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal tersebut dilakukan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Tujuannya untuk memastikan layanan KA tetap dalam kondisi yang aman, nyaman, dan sehat.

Baca Juga :   Selama Lebaran 2022, KAI Layani 4,39 Juta Penumpang

“Untuk itu, bagi para wisatawan yang ingin menggunakan KA, kami menyediakan berbagai tipe KA yang dapat digunakan ke berbagai tujuan. Mulai dari kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, dan luxury. KA tersebut dapat dipesan dengan keunggulan yang tersedia di masing-masing kelas,” imbuhnya.

Dia menambahkan, terkait tarif yang ditawarkan, tersedia dua jenis yaitu tarif KA Public Service Obligation (PSO) dan komerseoal. Untuk KA PSO tarifnya tetap sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Sementara itu untuk tarif KA komersial sifatnya dinamis. Ini menyesuaikan dengan demand dari masyarakat tapi sesuai tarif batas atas dan batas bawah yang ditetapkan.

Baca Juga :   PT KAI Minta Perlintasan Tanpa Palang Pintu Ditertibkan

“Selain kereta reguler, kami juga menyediakan kereta wisata yang memiliki keunggulan yang berbeda. Apalagi, kami memiliki berbagai tipe kereta wisata yang cocok digunakan untuk perjalanan rombongan dengan jadwal dan rute yang fleksibel. Seperti Kereta Wisata tipe Bali, Imperial, Jawa, Nusantara, Priority, Retro, Sumatera, Toraja dan Kereta Istimewa,” tutup Joni. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO