Gigi Megalodon Ditemukan Bocah di Pantai Summerville

JagatBisnis.com –  Seorang bocah laki-laki berusia 6 tahun, bernama Sammy Peter Shelton menemukan gigi hiu purba Megalodon di Pantai Summerville, Carolina Selatan. Gigi sepanjang 10 cm disinyalir milik Megalodon penguasa lautan 30 juta tahun lalu. Pantai Summerville memang populer di kalangan para pemburu fosil. Bocah tersebut bersama ayahnya Peter Shelton, memang sedang mencari fosil. Ketika itu, dia tak sengaja menemukan gigi hiu raksasa tersebut.

“Putranya sangat senang menemukan fosil gigi tersebut. Karena sebelumnya kami telah melihat pecahan gigi hiu di pantai itu. Namun, kami tidak pernah menemukan sesuatu yang sebesar dan seberat fosil gigi yang ditemukan saat ini,” kata Peter Shelton dikutip Selasa (23/8/2022).

Sementara itu, ahli biologi di University of East Anglia di Norwich, profesor Ben Garrod mengungkapkan, gigi Megalodon tersebut diperkirakan berusia mencapai 3 juta-20 juta tahun. Gigi hiu Megalodon terbesar mencapai 17,8 cm atau dua kali panjang gigi hiu putih besar terbesar (Carcharodon carcharias).

“Hiu memang bisa menanggalkan gigi lama dan menumbuhkan gigi baru sepanjang hidupnya. Sehingga, gigi hiu bisa jatuh ke dasar laut dan menjadi fosil,” paparnya.

Dia menambahkan, Megalodon bisa tumbuh sepanjang 18 meter dan berat mencapai 60 ton. Megalodon adalah hiu raksasa yang jadi puncak rantai makanan di laut.

“Hiu tersebut memakan hewan besar lainnya seperti paus. Spesies tersebut pernah mendominasi lautan di dunia. Bahkan, arti Megalodon sendiri adalah gigi besar,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO