Wilayah Indonesia Sudah 75,51 Persen Alami Kemarau

JagatBisnis.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan hingga pertengahan bulan Agustus 2022 ini sebanyak 75,51 persen dari jumlah Zona Musim (ZOM) di Indonesia telah mengalami musim kemarau. Ada 8 daerah yang tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan. Daerah tersebut harus waspada terhadap dampak kekurangan hujan,” tulis BMKG dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga :   Waspada Hujan Disertai Angin Kencang di 2 Wilayah Jakarta Hari Ini

BMKG mengungkapkan wilayah yang sedang mengalami musim kemarau, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat, sebagian Jambi, sebagian Sumatera Selatan, sebagian Banten & DKI Jakarta. Kemudian, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Timur, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Tenggara, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan Papua.

“Sementara itu, dari datanya, daerah yang sudah lama tidak mengalami hujan hingga berada pada kategori panjang ekstrem yakni ada di NTT yakni Rambangaru-Sumba Timur (144 hari), Busalangga-Rote Ndao (87 hari), Mapoli-Oepoi-Kota Kupang (68 hari), Sulamu-Kupang (65 hari), Daleko-Sabu Raijua (62 hari). Kemudian, di NTB yakni Woha-Bima (74 hari), Perigi-Lombok Timur (68 hari), Labuhan Badas-Sumbawa (62 hari),” paparnya.

Baca Juga :   Warga Sumbar Diminta Waspada Bakal Ada Banjir dan Longsor

BMKG pun mengingatkan agar masyarakat hemat dan bijak menggunakan air untuk mengurangi dampak kekeringan. “Hemat dan gunakan air secara bijak, supaya dampak kekeringan akibat kemarau bisa kita hadapi bersama,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO