Konversi Gas, 1 Juta Kelurga di Jabar dapat Kompor Induksi

JagatBisnis.com –  Sebanyak 1 juta keluarga di Jawa Barat akan mendapatkan program konversi gas ke listrik pada tahun 2023. Untuk uji coba tahun ini, ada 53 ribu yang akan dikonversi. Program konversi ini terus digencarkan melalui penggunaan kompor induksi kepada masyarakat.

Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas ESDM Pemprov Jabar Slamet Mulyanto S, mengatakan, saat ini pihaknya telah mulai melakukan program konversi bagi 53 ribu keluarga sasaran. Keluarga itu tersebar di Bandung, Tasikmalaya, Bandung Barat, dan Garut. Program konversi ini akan diprioritaskan bagi masyarakat tidak mampu untuk pemilik daya listrik 459 hingga 900 Ampere.

“Nantinya, mereka akan diberikan fasilitas meteran secara terpisah untuk penggunaan kompor listrik. Sehingga penggunaanya terukur dan terpantau. Jangan sampai fasilitas sudah kami berikan, tapi masih menggunakan kompor gas. Ini akan kami pantau terus penggunaannya, ” kata dia di sela sela lomba memasak menggunakan kompor induksi di Kota Bandung, Jumat (19/2022).

Baca Juga :   Dipastikan LPG 3 Kg Tidak Akan Digantikan Kompor Listrik Tahun Ini

Menurut dia, penggunaan kompor induksi sebagai upaya memaksimalkan energi terbarukan. Apalagi, saat ini pembangkit listrik telah banyak menggunakan energi air. Berbeda dengan energi fosil yang akan habis dan cenderung mahal.

Baca Juga :   Dipastikan LPG 3 Kg Tidak Akan Digantikan Kompor Listrik Tahun Ini

“Gas sekarang sangat mahal. Jadi, bagaimana kita gunakan energi domestik yaitu listrik. Kita sangat over capacity. Kapasitas cadangan listrik kita sampai 50 persen, ” tegasnya.

Baca Juga :   Dipastikan LPG 3 Kg Tidak Akan Digantikan Kompor Listrik Tahun Ini

Sementara itu, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UID Jabar, Rino Gumpar Hutasoit menambahkan, lomba masak nasi goreng menggunakan kompor induksi sebagai salah satu upaya mendorong penggunaan energi ramah lingkungan ke masyarakat. Lomba masak nasi goreng diikuti 77 peserta.

“Ini langkah awal untuk menyosialisasikan kompor induksi. Apalagi tahun ini akan lakukan konversi gas ke induksi,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO