Disdukcapil Maksimalisasi Pendataan Adminduk Disabilitas

JagatBisnis.com-Gerakan bersama pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi penyandang disabilitas terus dimaksimalkan. Gerakan ini bertujuan agar semua penyandang disabilitas bisa mendapatkan pelayanan publik yang tepat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Muh Hatim mengatakan, untuk memaksimalkan pendataan, pihaknya saat ini fokus mendata seluruh siswa sekolah luar biasa (SLB) yang ada di Makassar. Targetnya, di akhir tahun ini semua siswa SLB sudah memiliki administrasi kependudukan yang lengkap.

“Kami sudah lakukan pelayanan itu di SLB Negeri 1 Makassar. Ke depannya, kami juga akan menyasar SLB swasta untuk melakukan pelayanan jemput bola disabilitas. Karena biasa data kependudukan siswa di SLB, apalagi SLB swasta biasanya sudah lengkap. Namun pihaknya tetap akan terjun langsung untuk memastikan, terlebih jika ada data yang perlu diperbarui,” ungkap Hatim, Minggu (21/8/2022).

Baca Juga :   Kejar Realisasi APBD, Kemendagri Kirim Tim Gabungan ke Daerah

Dia menerangkan, pihaknya juga membuka loket khusus di kantor Disdukcapil untuk pelayanan penyandang disabilitas. Hal itu sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Selain itu, pihaknya juga akan buka layanan perekaman langsung di rumah masing-masing ketika ada penyandang disabilitas yang bermohon.

Baca Juga :   Kemendagri Tepis Tolak Raperda Depok Kota Religius

“Langsung ke kami, kami akan tindaklanjuti. Bahkan untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) juga bisa kami layani. Cukup bersurat, kami akan datang bersama tim untuk lakukan perekaman. Targetnya tahun ini kami ingin merampungkan semua SLB yang ada di Makassar. Yang di rumah, yang tidak bersekolah, kami arahkan untuk bermohon,” pungkas Hatim. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO