Jokowi Klaim Xi Jinping dan Putin akan Datang di G20

Presiden Jokowi

JagatBisnis.com – Presiden Joko Widodo mengklaim kalau Presiden Cina, Xi Jinping, serta Presiden Rusia, Vladimir Putin, akan mendatangi konferensi tingkat tinggi( KTT) G20 di Bali pada November kelak.

” Xi Jinping akan tiba. Kepala negara Putin pula sudah berkata pada aku ia akan tiba,” tutur Jokowi dalam tanya jawab bersama atasan redaksi Bloomberg, John Micklethwait, semacam diambil Reuters, Kamis (18/ 8).

Departemen Luar Negeri Cina belum merespons permohonan konfirmasi Bloomberg.

Baca Juga :   Jokowi Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan di RSSA Malang

Sedangkan itu, ahli ucapan Kremlin menolak berpendapat atas berita ini, namun pejabat lain yang familier dengan isu ini mengonfirmasi kalau Putin berencana mendatangi KTT G20 dengan cara langsung.

Ini ialah awal kalinya Jokowi mengonfirmasi konsep kedatangan Xi serta Putin dalam pertemuan itu. Berita ini timbul sehabis Putin serta Jokowi berdialog lewat telepon pada Kamis.

” Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin serta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo@jokowi melangsungkan obrolan telepon,” begitu statment Kedutaan Besar Rusia di Jakarta lewat Twitter.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya eks PM Jepang Shinzo Abe

Dalam benang di Twitter itu, kedubes Rusia pula menorehkan,” Sehubungan dengan presidensi G20 Indonesia, persiapan buat KTT di Bali pada November pula dijamah.”

Para atasan negeri G20 dijadwalkan akan berjumpa di KTT G20 pada November kelak, awal kalinya semenjak Rusia meluncurkan invasi di Ukraina.

Kedekatan antara Cina serta Rusia dengan Amerika Serikat serta sebagian negeri Barat memanas sehabis Putin mengawali agresi di Ukraina pada Februari lalu.

Baca Juga :   Jokowi Halalbihalal dengan Ma'ruf Amin Lewat Video Call

Agresi ini membuat Rusia dihujani ganjaran global, paling utama dari AS serta negeri kawan Washington.

Di sisi itu, kunjungan Pimpinan Badan Perwakilan AS, Nancy Pelosi, ke Taiwan sebagian durasi lalu pula membuat ikatan Washington serta Beijing kaku.

Cina memperhitungkan kunjungan itu mengecam independensi negaranya. Mereka juga merespons kunjungan itu dengan melangsungkan bimbingan tentara megah di dekat Taiwan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO