Kopi Nusantara Ramaikan Gelaran Pasar Kopi di Amsterdam

JagatBisnis.com – Holding Perkebunan Nusantara PTPN lll (Persero) terus bergerak dan berdaya upaya mewujudkan visi “Kebanggaan Baru Indonesia”. BUMN bidang perkebunan terintegrasi ini mendukung upaya untuk meningkatkan citra dan perluasan pasar kopi Nusantara di dunia. Melalui Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara turut berkontribusi dalam gelaran Pasar Kopi, di Posthoornkerk, Amsterdam, Belanda, pada 1-7 September 2022 mendatang.

Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) sekaligus Ketua PMO Kopi Dwi Sutoro menjelaskan, ajang itu mengusung tema “Indonesian Coffee Market; Coffee Revolution.” Sesuai dengan tema, dalam acara ini penyelenggara akan mengenalkan untaian perjalanan perkebunan dan industri kopi di Indonesia, mulai dari pameran sejarah produksi, hingga berbagai jenis kopi dan produk turunannya. Pengunjung Pasar Kopi, juga berkesempatan mencoba beragam kopi asli hasil perkebunan Indonesia.

“Pasar Kopi di Amsterdam ini memang sejalan dengan misi kami, yaitu memperbaiki ekosistem supply chain industri kopi dalam negeri. Karena, nanti kami akan membawa kopi-kopi terbaik Indonesia dari lokasi pilot project. Salah satunya adalah Kopi Ijen dari Jawa Timur yang memiliki nilai historis dan indikasi geografis yang akan menarik perhatian konsumen global,” katanya dalam keterangannya, dikutip Kamis (18/8/2022).

Dwi memaparkan, untuk meningkatkan produktivitas kopi dalam negeri, maka Menteri BUMN membentuk PMO Kopi Nusantara dengan skema program Makmur yang selama ini telah diterapkan di komoditas lain seperti padi, tebu, dan jagung. Sehingga dapat memperbaiki ekosistem bisnis kopi dari hulu hingga hilir. Karena 96 persen dari industri kopi adalah perkebunan rakyat. Sehingga kesejahteraan para petani menjadi tujuan utama. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO