KAI Siap Iringi Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat

JagatBisnis.com – Di usia kemerdekaan Indonesia yang ke-77, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Karena kereta api (KA) sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perkembangan bangsa bahkan sejak sebelum masa kemerdekaan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, dari awal keberadaannya di nusantara, KA terus berinovasi dan beradaptasi, dinamis mengikuti perubahan zaman dan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Hal ini masih terus dilakukan hingga sekarang dan akan terus dilakukan mengiringi perjalanan usia Nusantara. Walaupun masih diterpa badai pandemi, tapi pihaknya tidak berdiam diri. Sejumlah inovasi terus disiapkan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan maupun masyarakat.

“Terdapat sejumlah inovasi yang diterapkan dalam operasional kereta. Inovasi ini diantaranya peningkatan percepatan waktu tempuh, penyediaan fasilitas Wifi gratis, layanan live cooking di kereta makan. Bahkan, pada masa pandemi Covid-19, kami juga melakukan inovasi di bidang digital pada aplikasi KAI Access untuk peningkatan pelayanan, begitu juga dengan pengembangan bisnis-bisnis penunjang,” ungkapnya.

Baca Juga :   KAI Sumut Siapkan 51.810 Tiket Arus Balik

Dia menjelaskan, seiring dengan peningkatan pelayanan di setiap sektor, moda transportasi KA semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya volume pelanggan KA dari tahun ke tahun.
Pada semester I tahun 2021, KAI mengangkut 84,1 juta pelanggan. Di semester II tahun 2022, jumlahnya naik 42 persen menjadi 119,8 juta penumpang. Kenaikan ini ditunjang oleh meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang semakin membaik, dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022.

Baca Juga :   PT KAI Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

“Kinerja angkutan penumpang KAI grup pada Semester I 2022 mengalami recovery yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kereta api. Tidak hanya angkutan penumpang saja yang menjadi perhatian perusahaan, kami juga melihat layanan angkutan barang makin potensial. Inovasi terus dilakukan agar dapat melayani angkutan komoditas-komoditas lainnya sesuai permintaan pelanggan,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk itu pihaknya bertekad akan menjalankan amanah penugasan tersebut agar semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan layanan transportasi massal berbasis rel yang nyaman dan maju. Gencarnya pengembangan transportasi berbasis rel yang tengah dikerjakan ini memiliki tujuan untuk menghadirkan moda transportasi yang terintegrasi dan memudahkan masyarakat dalam mobilitasnya. Kemajuan ini nantinya diharapkan tidak hanya akan menambah volume angkut semata, tapi juga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang juga berimbas bagi kemajuan bangsa.

Baca Juga :   Marak Esek-esek, KAI Bongkar Bangunan Liar di Gunung Antang

“Meskipun di masa yang sulit akibat adanya pandemi, hal ini tidak membatasi kami untuk memberi lebih kepada bangsa, demi membantu pemerintah menanggulangi pandemi dan memulihkan kondisi perekonomian. Makanya, kami mendukung segala kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah guna mengurangi penyebaran Covid-19, termasuk menerapkan syarat-syarat perjalanan selama pandemi bagi para pelanggan KA. Karena kami optimis, adanya kebijakan ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk bepergian dengan KA yang selalu mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga kami hanya memberangkatkan pelanggan yang telah memenuhi persyaratan sesuai regulasi pemerintah,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO