IKN Nusantara Akan Dilengkapi Kendaraan Otonom untuk Angkutan Umum

JagatBisnis.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyiapkan kendaraan otomatis (autonomus vehicle) sebagai angkutan umum di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tentunya, angkutan umum yang dipersiapkan dengan proporsi yang tepat. Karena, ke depan konsep smart, green, sustainable city, juga akan diterapkan di IKN.

Baca Juga :   Puncak Kepulangan Delegasi G20, Dipastikan Penerbangan di Bali Lancar

Menteri Perhubungan , Budi Karya Sumadi menjelaskan, kendaraan otonom merupakan paradigma baru dalam kendaraan, yang memiliki potensi besar untuk mengurangi kecelakaan dikarenakan human error. Selain itu, juga untuk mengurangi emisi karbon serta kemacetan. Sains ini memang sangat menarik dan harus dilakukan dengan baik dan sistematis.

“Namun, dalam implementasinya terdapat tantangan yang cukup besar. Sehingga kami berharap partisipasi dan dukungan semua stakeholder terkait dengan akademisi untuk bersama menciptakan iklim yang kondusif agar kendaraan otonom dapat diwujudkan di IKN Nusantara. Karena kolaborasi adalah satu keniscayaan dan satu keharusan bagi kita untuk melaksanakannya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pandemi Melandai, Pergerakan Pesawat di Indonesia Diprediksi Meningkat pada 2022

Perlu diketahui, transportasi publik di Indonesia saat ini sudah mulai menggunakan autonomus vehicle atau kendaraan otomatis yang dapat berjalan tanpa perlu pengemudi. Salah satunya adalah Navya varian Arma yang dioperasikan di kawasan BSD sejak Mei 2022 lalu. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO