Anak yang Kurang Gizi, Cenderung Menyusu Lebih dari Dua Tahun

Ilustrasi Ibu Menyusui bayi Foto: SehatQ

JagatBisnis.com –   Dampak negatif timbul ketika menyusui sampai anak berusia dua tahun namun tidak diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan makanan anak. Jika MPASI atau makanan keluarga-nya tidak kuat, maka dapat menyebabkan kurang gizi.

“Kebiasaan ibu adalah jika anak nangis sedikit, diberi susu, akibatnya anak ini kenyang ASI dan menolak makanan lain yang seharusnya sudah diberikan sejak enam bulan ke atas, dan alhasil menyebabkan kurang gizi,” ungkap dr. Caroline Mulawi Sp.A dari EMC Hospital Pulomas melalui Instagram Live Teman Parenting, ditulis di Jakarta, Kamis, (18/8/2022).

Oleh sebab itu, anak yang menyusu lebih dari dua tahun suka menolak makanan padat karena mereka merasa sudah kenyang.

Baca Juga :   Gandeng Pergizi Pangan, FFI Edukasi Gizi dan Salurkan Produk Berkualitas

“Ada penelitian yang menunjukkan bahwa ternyata anak-anak yang kurang gizi cenderung menyusu lebih dari dua tahun,” jelas dr. Caroline.

Jadi, boleh menyusui lebih dari dua tahun, namun pastikan anak menyusu secukupnya dan tidak lebih banyak dari mengonsumsi makanan bergizi sehari-hari.

Baca Juga :   Rambut Rontok Pasca COVID-19, Ini Penjelasan Ahli

Selain itu, dampak negatif dari menyusui lebih dari dua tahun tidak hanya ada pada anak saja, melainkan juga ibu sendiri.

Untuk ibu, dampak negatifnya adalah menstruasi tidak teratur sehingga membawa beberapa konsekuensi, misalnya sulit mengatur keluarga berencana.

Selain itu, jika anak sudah di atas dua tahun, tenaganya lebih besar dan giginya sudah tumbuh, sehingga menghisap serta menggigit puting payudara lebih keras dan menyebabkan luka di payudara ibu.

Baca Juga :   Waspada, Malas Sikat Gigi Bikin COVID-19 Mudah Berkembang Biak

Kemudian, ada potensi si Kecil juga menjadi terlalu ketergantungan bersama ibu.

Sebisa mungkin menyusui dilakukan sampai tidak lebih dari waktu yang dibutuhkan. Sebisa mungkin penyapihan sudah dimulai sejak anak berusia 1-2 tahun.

Dr. Caroline juga menekankan bahwa jika bayi sudah masuk usia enam bulan, ibu harus sudah mengenalkan MPASI. (pia)

MIXADVERT JASAPRO