BRI Dukung Industri Kopi Indonesia Go Internasional

JagatBisnis.com – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk naik kelas dan meningkatkan kapasitasnya. Upaya nyata tersebut diwujudkan kepada industri kopi melalui BRI Indonesia Coffee Event (ICE) 2022 yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI). Ini merupakan ajang pertemuan seluruh ekosistem kopi di Tanah Air yang digelar tanggal 26-29 Juli 2022 lalu di Jakarta. Para pelaku ekosistem kopi khususnya industri hilir, berkompetisi pada 2 kategori championship, yakni Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC).

Baca Juga :   BRI Dukung Berbagai Program PEN

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan sebagian besar peserta berasal dari komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke. Melalui keterlibatannya dalam event ini, pihaknya berharap pelaku ekosistem kopi di Indonesia dapat turut berkompetisi di Internasional dan mempromosikan Specialty Coffee unggulan Indonesia. Terkait hal ini, pihaknya juga membuka booth untuk memfasilitasi UMKM yang membutuhkan pendampingan pemberdayaan, konsultasi dan diskusi terkait permodalan sampai dengan layanan transaksi perbankan.

“Kami juga mendukung transaksi di coffee village menggunakan QRIS dan EDC yang sejalan dengan journey pemberdayaan UMKM BRI yakni go digital. Harapannya, kopi Indonesia bukan hanya menjadi tuan rumah di Tanah Air, tetapi juga dapat merajai pasar kopi di manca negara. Apalagi, Indonesia memiliki aneka specialty coffee
unggulan dari Aceh sampai Papua. Kopi tersebut diyakini dapat bersaing dengan negara penghasil kopi lainnya,” kata Amam dikutip dari laman bri.co.id, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga :   Inovasi BRI Dukung Pembiayaan Berkelanjutan

Dia menjelaskan, ada beberapa program pemberdayaan yang dapat mendukung UMKM go ekspor di antaranya BRILianpreneur, Growpreneur, BRIncubator dan Rumah BUMN. Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong para stakeholder bersama-sama membangun industri kopi menjadi ekosistem yang lebih efisien dan berkelanjutan. Sehingga kesejahteraan tidak hanya dirasakan oleh beberapa pelaku ekosistem, namun juga oleh semua pelaku ekosistem kopi dari petani di tingkat hulu hingga pengusaha ritel di hilir.

Baca Juga :   Dorong UKM Tembus Ekspor, BRI Kerjasama LPEI

“Para pemenang di ajang ini akan diberangkatkan mewakili Indonesia dalam kejuaran dunia di bawah naungan organisasi World Coffee Events (WCE). Pada tahun ini kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Melbourne, Australia pada 27-30 September 2022,” paparnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO