Vietnam Siapkan USD58,7 Miliar Bangun Kereta Cepat

JagatBisnis.com – Pemerintah Vietnam berencana membangun transportasi kereta api berkecepatan tinggi yang membentang di penjuru wilayah Negeri Naga Biru. Bahkan, pemerintah Vietnam telah menyiapkan perkiraan dana hingga mencapai USD58,7 miliar untuk menggarap proyek sejauh 960 mil atau 1.545 km itu. Namun, tidak dirinci asal sumber pendanaan proyek tersebut.

Baca Juga :   Jika Ibu Kota Negara Pindah, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap-siap Jadi Besi Tua

“Adapun proposal ini masih menunggu persetujuan dari Politbiro, otoritas tertinggi dari Partai Komunis Vietnam, demikian kata pemerintah dalam rilis berita dikutip Senin (15/8/2022).

Menurut Kementerian Transportasi Vietnam, dua bagian pertama pengerjaan proyek adalah sejauh 413 mil atau 665 km, dengan nilai investasi mencapai USD24,72 miliar. Proyek tersebut akan diresmikan pada tahun 2032. Adapun keseluruhan proyek ini diperkirakan akan selesai pada 2045-2050.

Baca Juga :   Proyek Kereta Cepat Indonesia Masih Jalan Terus

Vietnam merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang dikenal sebagai ‘hub’ manufaktur regional. Beberapa tahun terakhir, Hanoi menggenjot investasi untuk infrastruktur transportasi, yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonominya yang pesat. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO