Warga di Tolikara Papua Kini Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

JagatBisnis.com – Ibu Kota Kabupaten Tolikara, karubaga kini bisa menikmati listeik selama 24 jam. Hal itu terjadi, setelah PT PLN (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Tolikara melakukan Serah Terima Operasi (STO) Sistem Kelistrikan. Kini, listrik resmi memasok selama 24 jam penuh ke Karubaga.

Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi menjelaskan, serah terima operasi ini merupakan wujud komitmennya dalam melistriki Papua, khususnya di Kabupaten Tolikara. Selain itu, mewujudkan energi berkeadilan dan pemerataan akses listrik. Apalagi, pihaknya sudah memberikan pelayanan kelistrikan di hampir seluruh wilayah Indonesia, juga di Papua dan Papua Barat.

“Dengan serah terima ini menjadi langkah awal untuk dapat melayani Kabupaten Tolikara. Sehingga ke depannya dapat memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ucap Amien dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga :   PLN dan Dishub Kubu Raya Geser Sejumlah PJU

Menurut dia, peningkatan jam nyala ini dapat dirasakan oleh 1.013 pelanggan di 11 kampung di Distrik Karubaga dan 2 kampung di Distrik Wenam. Karena sebelumnya, sistem kelistrikan di wilayah itu dikelola dan dioperasikan langsung oleh pemerintah daerah selama 12 jam setiap harinya.

Baca Juga :   Tarif Listrik untuk Orang Kaya Bakal Naik

“Setelah 18 tahun menanti, kini masyarakat bisa menikmati listrik secara penuh. Kami membawa semangat baru karena sebelumnya beberapa perusahaan tidak mau masuk untuk berinvestasi sebelum adanya listrik yang layak dan tentu saja ini akan membuat Tolikara tertinggal,” tegasnya.

Baca Juga :   PLN Gelar Ramadhan Electric Food Fest 2022

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin menambahkan, saat ini rasio elektrifikasi di Papua dan Papua Barat telah mencapai di angka 96,92 persen. Meskipun terdapat banyak tantangan dalam menghadirkan pelayanan kelistrikan yang maksimal dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat.

“Kamiberkomitmen untuk terus berupaya mewujudkan tanah Papua terang seluruhnya,” tegas Andy. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO