Taiwan Perpanjang Latihan Militer Usai China Ulangi Ancaman

Taiwan gelar latihan perang Foto: SINDOnews

JagatBisnis.com –  Taiwan kembali menggelar latihan menembak usai China mengulangi ancaman untuk mengambil alih pulau tersebut pada Kamis (11/8).

Juru Bicara Korps Ke-8 Angkatan Darat Taiwan, Lou Woei-jye, melaporkan aktivitas itu. Dia menerangkan, latihan militer tersebut berlangsung selama sejam di wilayah paling selatan, Pingtung.

Pasukannya menembakkan howitzer dan melepaskan suar sejak pukul 08.30 pagi waktu setempat. Artileri terlihat berbaris berdampingan, sedangkan tentara bergantian meluncurkan howitzer ke laut.

Taiwan telah mengadakan latihan serupa pula pada Selasa (9/8). Pihaknya bahkan mengerahkan ratusan tentara. Tetapi, militer negara itu kerap menyangkal skala aktivitas mereka.

Baca Juga :   Indonesia Jadi Andalan China Sebagai Pemasok Batu Bara

Taiwan mengaku telah menjadwalkan rangkaian kegiatan tahunan itu. Artinya, Taiwan tidak tengah menanggapi latihan perang China.

Secara rutin, tentaranya menyimulasikan pertahanan terhadap kemungkinan invasi China. Pada Juli, Taiwan juga mempraktikkan operasi militer untuk menangkis serangan dari laut.

“Kami memiliki dua tujuan untuk latihan tersebut, yang pertama adalah untuk menjamin kondisi artileri yang tepat dan kondisi pemeliharaannya dan yang kedua adalah untuk mengkonfirmasi hasil latihan tahun lalu,” jelas Lou, dikutip dari AFP, Kamis (11/8).

Baca Juga :   Baju Perang Berusia 2.500 Tahun Kembali Ditemukan di China

Latihan terbaru itu dilakukan setelah tindakan serupa diambil oleh China. Pihaknya meluncurkan latihan militer sebagai balasan atas perjalanan Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi, ke Taiwan.

Pelosi adalah pejabat tertinggi yang mengunjungi wilayah yang diklaim China itu dalam beberapa dekade terakhir. Alhasil, Beijing menjalankan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan.

Taiwan menuduh, China menggunakan lawatan itu sebagai dalih. Sehingga, militer China dapat berlatih untuk menginvasi Taiwan.

Baca Juga :   Adanya Temuan Kasus Varian Omicron di Guangzhou

China mengindikasikan bahwa latihan itu telah berakhir pada Rabu (10/8). Namun, China menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pelatihan militer dan mempersiapkan perang.

Kantor Urusan Taiwan dari Dewan Negara China turut merilis pernyataan terpisah. Pihaknya menegaskan, China bersikeras tidak akan mengecualikan penggunaan kekuatan terhadap Taiwan.

“Kami siap untuk menciptakan ruang yang luas untuk reunifikasi damai, tetapi kami tidak akan membiarkan kegiatan separatis dalam bentuk apa pun,” jelas Kantor Urusan Taiwan dari Dewan Negara China. (pia)

MIXADVERT JASAPRO