Nakes di Sumsel Mulai Disuntik Vaksin Booster Kedua

JagatBisnis.com –   Vaksin booster kedua atau vaksin dosis keempat disuntikkan kepada tenaga kesehatan (nakes) di Sumsel telah dimulai, Senin (8/8).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Trisnawarman, mengatakan sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan RI vaksinasi keempat khusus bagi nakes ini telah dilakukan mulai pekan ini di fasilitas kesehatan (faskes).

“Surat edaran mulai Minggu kemarin tapi karena nunggu vaksin Moderna-nya jadi baru tadi Senin mulainya,”katanya.

Baca Juga :   Baru 3 Bulan Berjalan, Capaian Booster Masih Sangat Rendah

Tris menuturkan untuk jenis vaksin booster yang disuntikkan kepada tenaga kesehatan di 17 kabupaten/kota di Sumsel ini menyesuaikan dengan vaksin sebelumnya.

“Pakai (vaksin) yang ada. Jangan sampai vaksin terbuang. Sudah ada aturan vaksin misalnya dosis kemarin Moderna, booster juga harus Moderna,”kata dia.

Sebagai informasi, di Sumsel tercatat 49 ribu kalangan yang dinyatakan sebagai tenaga kesehatan. Program vaksinasi bagi kalangan yang masuk prioritas utama itu tengah digencarkan.

Baca Juga :   Begini Cara Memilih Vaksin Booster yang Diizinkan BPOM

“Kita kejar booster untuk nakes. Apakah masyarakat umum bisa untuk yang kedua ini, sedangkan booster pertama saja belum banyak? Kita lihat lagi,”kata dia.

Menurutnya, untuk mengejar capaian vaksinasi lanjutan atau ketiga bagi masyarakat umum harus disertai dengan kebijakan pengetatan aturan. Misalnya vaksinasi booster untuk syarat wajib bepergian.

Baca Juga :   Sudah 2.459.498 Orang di Jakarta Telah Vaksinasi Booster

“Kalau tidak dipaksa masyarakat kita ya begini. Jadi, menunggu menunggu pusat, tergantung kebijakan,”kata dia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel pada 7 Agustus 2022, cakupan vaksinasi dosis ketiga (booster) di Sumsel baru 19,84 persen atau 1,08 juta orang telah menjalani penyuntikan vaksin. (pia)

MIXADVERT JASAPRO