Kurang Lahan, Sampah di Karawang Menggunung hingga 15 Meter

JagatBisnis.com – Kapasitas tempat pembuangan akhir (TPA) Jalupang di Kecamatan Kotabaru, Karawang, Jawa Barat sudah overload. Karena lahan tidak memadai untuk menampung semua sampah. Luas lahan TPA Jalupang 10 hektar (ha) dengan ketinggian maksimal 12 meter. Namun, karena overload kini ketinggian sudah mencapai 15 meter dengan 1,2 juta kubik.

“Setiap tahun volume sampah terus bertambah. TPA Jalupang dengan luas lahan 10 ha sudah tidak mencukupi untuk menampung sampah di Karawang. Sekarang volume sampah mencapai 1,2 juta kubik, kita sudah kewalahan menampungnya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Wawan Setiawan, Selasa (9/8/2022).

Menurut Wawan, luas TPA Jalupang 10 hektar sudah tidak memadai. Ketinggian sampah seharusnya maksimal 12 meter. Namun karena volume sampai terus bertambah hingga mencapai 15 meter. Hal itu karena luas TPA Jalupang sudah tidak mampu menampung sampah. Jadi harus ada perluasan lahan TPA. Jika tidak pihaknya akan kesulitan dalam mengelola sampah.

Baca Juga :   Sumatera Barat Tiru Cilacap Olah Sampah Jadi Energi Terbarukan

“Kami sudah mengajukan perluasan lahan ke pemerintah. Namun karena keterbatasan anggaran hingga kini belum dapat direalisasikan. Tahun ini belum masuk dalam APBD karena keterbatasan anggaran,” imbuhnya.

Baca Juga :   Astaga, Jumlah Sampah RI Capai 48 Juta per hari

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi overload tersebut kami melakukan pengurangan volume sampah hingga tingkat bawah masyarakat. Caranya dengan mensosialisasikan tentang pemilahan sampah bernilai ekonomis kepada warga. Kami juga melakukan optimalisasi keberadaan bank sampah hingga Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R).

Baca Juga :   8.945 Petugas Siaga Tanggani Sampah di Musim Hujan

“Selain upaya itu, kami akan menggandeng pihak ketiga dalam penanganan pengurangan tumpukan sampah di TPA dengan menerapkan teknologi RDF (Refuse-Derived Fuel). Kalau berjalan baik, maka bisa mengurangi tumpukan sampah,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO