Banjir Rob Ancam Jakarta Utara

JagatBisnis.com –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI bersiaga mengantisipasi ancaman banjir rob di pesisir Utara Jakarta. Diperkirakan banjir rob akan terjadi pada Minggu (7/8/2022) hingga Sabtu (13/8/2022) mendatang. Untuk itu, tim hingga logistik sudah dipersiapkan di 3 titik. Di antaranya Kelurahan Kamal Muara, Kawasan Pasar Ikan, dan Muara Angke.

Koordinator Wilayah Jakarta Utara, BPBD DKI Jakarta, Ahmad Jaelani, mengatakan petugas bersiaga di ketiga lokasi sejak pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 01.00 WIB. Sedangkan pada siang hari, petugas berkeliling ke setiap pintu air untuk mengukur tinggi muka air yang terjadi, lalu dilaporkan kepada Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta.

“Jadi, kami ada yang standby (siaga) di lokasi, berkeliling ke pintu-pintu air, ada pula yang siaga di posko (on call). Jika terjadi banjir rob, maka petugas langsung berkoordinasi dengan petugas posko untuk bersiaga menyiapkan logistik, berupa perahu dan tenda,” ungkapnya, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga :   Waspada, Kepri Berpotensi Dilanda Banjir Rob

Dia menjelaskan, adapun wilayah pesisir DKI Jakarta yang akan terdampak di antaranya Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda dan Kepulauan Seribu. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir. Kemudian, masyarakat diminta untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Baca Juga :   BMKG: Waspada Banjir Rob di Lampung pada 2-6 Januari 2022

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112. Jika terjadi banjir rob tinggi, masyarakat yang terdampak akan langsung diungsikan. Dan, kami langsung berkoordinasi dengan pengurus RT/RW dan kelurahan untuk mendirikan tenda di lokasi yang tidak tergenang,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO