Indonesia Jemput 193 PMI dari Malaysia

JagatBisnis.com –  Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyambut kedatangan sebanyak 193 pekerja migran Indonesia (PMI/TKI) dari Malaysia yang dipulangkan. Mereka dipulangkan dari berbagai Depot Tahanan Imigresen (DTI) di Semenanjung Malaysia. Kementerian Luar Negeri RI tengah menyegerakan deportasi PMI tersebut dari Malaysia. Pihaknya memfasilitasi kepulangan para tki tersebut dengan pesawat charter.

“Data BP2MI menyebutkan, dari 193 PMI tersebut terdiri dari 66 Perempuan dan 127 laki-laki. Kondisi kerentanan adalah yang sakit, sebanyak 28, ibu dan anak sebanyak 30, 14 orang lansia, 1 orang anak tanpa penjaga, dan sisa 120 orang lainnya. Mereka berasal dari Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, dan Sumatera Utara,” kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri, Jumat (5/8/2022).

Dia mengatakan agar para PMI dapat diurus berbagai aspek oleh kementerian dan lembaga terkait, seperti identitas kependudukannya, perawatan kesehatan, dan mendapatkan pelatihan kerja. Pihaknya berharap, para TKI itu bisa sampai ke daerah masing-masing. Para PMI tersebut akan melakukan karantina terlebih dahulu selama lima hari di Wisma Atlet dan akan divaksin sebelum dipulangkan ke daerah asal.

Baca Juga :   1 April, Malaysia Akan Buka Perbatasan

“Para deportan akan menginap sementara waktu di Wisma Atlet Kemayoran. Mereka akan menjalani proses pendataan dan menerima vaksinasi booster untuk corona. Nanti, setibanya di kampung halaman, para PMI diminta agar tidak kembali lagi ke Malaysia lewat jalur belakang (ilegal),” ungkapnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO