#SaatnyaMaju Waktunya Mentransformasi Potensi Menjadi Energi

JagatBisnis.com –  Peran anak muda dalam membangun peradaban bukan lagi sekedar narasi sosial, tapi sebuah realita yang diamini tiap kalangan. Potensinya untuk mendobrak ketidakmungkinan bisa dilihat dari sorotan luas terhadap wacana-wacana pertumbuhan ekonomi yang dilekatkan pada peran pemuda.

Merujuk informasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) RI, mayoritas penduduk Indonesia merupakan generasi Z yang berusia 8 sampai 23 tahun. Yakni 27,94 persen dari total populasi yang memiliki tingkat adopsi digital dan pemahaman di bidang keuangan yang tinggi. Oleh karenanya, generasi muda berperan penting dalam membangun perekonomian nasional.

Terlebih lagi, pada 2030 mendatang, Indonesia diproyeksikan akan memasuki bonus demografi. Yakni ketika angkatan kerja produktif mencapai 64 persen dari total penduduk. Strategi mengelola bonus demografi menjadi urgen untuk terus hadir di ruang-ruang diskusi. Pun pada kelompok pemuda Muslim, mengingat pertumbuhan sektor ekonomi Islam kini tidak lagi menggeliat di kancah nasional.

Baca Juga :   Masih Ditemukan Warga Miskin di Sultra Belum Dapat Bansos

Mengedepankan filosofi halal, potensi-potensi kreatif anak muda Muslim sebetulnya telah dilirik secara global. Global Islamic Economy Report 2020-2021 menyebut Indonesia mempertahankan posisi keempat secara keseluruhan dalam sektor Halal Food. Ekspor makanan halal ke negara-negara OKI, juga dikabarkan meningkat 16 persen pada 2021. Selain itu, start up syariah turut didorong agar meningkatkan perannya dalam pemulihan ekonomi nasional. Meski begitu, halal lebih dalam dari angka-angka namun kemauan berkarya dengan cara yang baik bagi siapapun yang menikmatinya. Dengan demikian, potensi dapat bertemu asas keberfungsian yang memberi nafas pada setiap karya yang dihasilkan.

Mengamini fenomena tersebut, dengan pilar utama yakni Tajir, Muslim Youth Voice (MyVoice) dan Mostlym, menyelenggarakan acara bertajuk #SaatnyaMaju, pada 27 – 31 Juli 2022 di Street Gallery Pondok Indah, Jakarta Selatan. Acara ini merupakah langkah perdana ketiga pilar tersebut dalam upaya membuka ruang bagi para Muslim tangguh untuk, tidak hanya berbagi, tetapi juga menggaungkan semangat mentransformasi energi menjadi potensi. Acara ini menghadirkan lebih dari 10 komunitas dan 50 lebih exhibitor yang siap menceritakan perjuangan serta pengalamannya. Selain itu, ada lebih dari 20 talkshow yang menghadirkan praktisi serta figur inspiratif plus terdapat juga coaching clinic bagi para Bro dan Sis yang ingin menjajal keterampilannya dalam bidang FnB, craft hingga fotografi.

Baca Juga :   Menko PMK: Tak Ada Kerugian Negara Akibat Penimbunan Beras Bansos di Depok

“Acara ini kita harapkan jadi stepping stone buat para pemuda Muslim agar menggali lagi semangat yang mungkin sempat kendur semasa pandemi Covid-19. Selain itu, kita juga berharap sekali acara ini bisa memunculkan interaksi antar pemuda Muslim yang hadir yang akhirnya membentuk jejaring semangat yang menular dan natural, jadi didorong oleh tiap-tiap yang datang”, ujar Adji Dimas selaku Ketua Penyelengara. Perwakilan Muslim Youth Voice menambahkan “Kami terus memberikan ruang berkreasi dan beraktivitas bagi generasi muda sesuai syariat serta menciptakan peluang usaha yang dapat menjadi manta pencaharian mereka. Program SaatnyaMaju menambah keyakinan kami bahwa pemuda-pemudi muslim mampu berkarya dan bermanfaat bagi senua mahluk di bumi ini.
#SaatnyaMaju akan di buka dengan ditandai penandatanganan komitmen oleh Hari Wibowo – Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi, Aji Dimas Ramayanda – Co Founder Tajir, Tito Maulana – Ketua umum MES DKI, Meidy Ferdiansyah – Retail Banking Marketing Department Head, Bank Syariah Indonesia, Billy – Brand Manager Kahf , Bembi Juniar – Co Founder ALAMI sharia, Pradhitya Muhammad – CROOZ (Perwakilan Tenant clothing), Dhydha Maryudha – Sagaleh (Perwakilan Tenant F&B). Acara ini juga dimeriahkan oleh brand-brand kenamaan seperti Wardah, Sisesa, Kami Idea, Kahf, Crooz, Sagaleh dan banyak lainnya yang akan bergandeng tangan dan membuat progresivitas menjadi semangat yang tertanam di DNA pemuda Muslim Indonesia. #SaatnyaMaju. (boy)

MIXADVERT JASAPRO