Jabatan Dirjen Imigrasi Dilelang

JagatBisnis.com –  Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengumumkan seleksi terbuka untuk jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi. Sekjen Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto menyebutkan pendaftaran lelang ini dibuka pada 27 Juli-10 Agustus 2022.

Seleksi dapat diikuti oleh PNS dari pusat maupun daerah, prajurit TNI serta anggota Polri. Pengumuman seleksi ini telah diumumkan dan dokumennya diteken Sekjen Kemenkumham dengan Nomor SEK-KP.03.03-573 yang dapat dilihat pada laman https://kemenkumham.go.id

“Pendaftar harus memenuhi sejumlah persyaratan umum dan khusus,” kata Andap, di Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga :   Jaringan Indonesia Bersatu Telah Terbentuk di 70 Persen Tingkat Provinsi dan 50 Persen Tingkat Kabupaten/Kota

Untuk persyaratan umum, lanjut Andap, pendaftar harus memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik, pengalaman jabatan dalam bidang tugas terkait dengan jabatan yang akan diduduki, secara kumulatif paling singkat selama tujuh tahun serta sehat jasmani dan rohani.

Baca Juga :   Pemerintah Buka Layanan Visa Bagi Israel dan 7 Negara Lain

Kemudian semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam dua tahun terakhir, tidak dalam proses pemeriksaan dan/atau menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, tidak sedang menjadi tersangka dalam suatu tindak pidana, dan telah menyerahkan LHKPN jabatan terakhir.

“Adapun persyaratan khusus mengatur tentang kualifikasi pendidikan, pangkat, dan usia sebagaimana tertuang dalam pengumuman tersebut,” tutur Andap.

Seleksi terbuka digelar dalam enam tahapan yang dimulai dengan pengumuman sekaligus pembukaan pendaftaran seleksi pada 27 Juli 2022. Tahapan berikutnya yaitu pengumuman seleksi administrasi, seleksi kompetensi bidang, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural, dan ditutup dengan tahapan wawancara.

Baca Juga :   Jaringan Indonesia Bersatu Telah Terbentuk di 70 Persen Tingkat Provinsi dan 50 Persen Tingkat Kabupaten/Kota

Setiap perkembangan seleksi terbuka dapat diakses pada laman https://pansel.kemenkumham.go.id. Peserta juga diminta aktif mengikuti perkembangan seleksi untuk mencegah kegagalan akibat faktor kelalaian sendiri. (pia)

MIXADVERT JASAPRO