Tekno  

Signify Resmikan Pabrik Luminer 3D di Indonesia, Bisa Pesan Sesuai Keinginan

JagatBisnis.com – Signify pemimpin dunia dalam pencahayaan, meresmikan pabrik Luminer Cetak 3D di Tangerang, Indonesia, Rabu (27/7/2022).

Indonesia menjadi negara ketiga dari 4 negara di dunia yang dijadikan sebagai lokasi untuk memproduksi luminer cetakan 3D. Ketiga negara lainnya, India, Belgia, dan Amerika Serikat. Pabrik cetak 3D yang didirikan, tak jauh dari Jakarta sekaligus menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Signify untuk kawasan Asia Pasifik.

“Menggunakan teknologi pencetakan 3D untuk memproduksi luminer sama-sama menguntungkan bagi pelanggan kami dan lingkungan. Menariknya, pelanggan dapat menciptakan lampu luminer LED sesuai keinginan. Karena bahan produksi yang digunakan untuk membuat luminer 3D tersebut menggunakan polikarbonat formulasi khusus yang dapat didaur ulang,” kata Dedy Bagus Pramono, Country Leader Signify Indonesia disela-sela peresmian.

Baca Juga :   Signify Terangi JPO dan Underpass Senen dengan 184 Lampu Philips

Dia menjelaskan, dengan menggunakan polikarbonat yang dapat didaur ulang sebagai bahan dasar dibandingkan logam sekali pakai, maka pihaknya berkontribusi menurunkan jejak karbon manufaktur sebesar 47 persen. Angka itu tidak termasuk elektronik dan optik. Selain itu, pihaknya juga menerapkan prinsip ekonomi sirkular, yang menekankan daur ulang. Sehingga model bisnisnya semakin berkelanjutan.

“Apalagi, mesin cetak 3D untuk luminer memungkinkan kami untuk sepenuhnya menggunakan kembali bahan dasar dan menyisakan sangat sedikit limbah. Sehingga menghasilkan siklus hidup produk yang sepenuhnya hijau. Bobot produk akhir juga 35 persen lebih ringan, sehingga lebih hemat karbon pada saat pengiriman. Benang polikarbonat yang digunakan terbuat dari bahan daur ulang, seperti CD dan jaring ikan,” papar Dedy.

Baca Juga :   Toko Resmi Philips Lighting di E-Commerce Jadi Toko Online Terpercaya

Menurut dia, pabrik yang sudah mulai beroperasi di tengah masa pandemi pada akhir 2020 ini, menandai investasi terbarunya di Indonesia. Hasil cetak luminer 3D di fasilitas ini juga telah diekspor ke beberapa negara di kawasan Asia Pasifik, seperti Australia, Filipina, Malaysia, Vietnam, Jepang, dan Korea. Untuk itu, keahliannya dalam pengembangan, produksi, penjualan produk, sistem, serta layanan pencahayaan yang inovatif dan hemat energi, semakin dikukuhkan.

Baca Juga :   Philips Ungkap Ambisi Asia-Pasifik untuk Transformasi Digital

“Meskipun pencetakan 3D bukanlah teknologi baru, tapi kami telah menjadi perusahaan pencahayaan pertama dan satu-satunya yang menerapkan teknologi 3D untuk produksi luminer pada skala industri.
Investasi kami dalam pencetakan luminer 3D menggarisbawahi komitmen perusahaan untuk melayani para pelanggan dengan lebih baik lagi, sekaligus mengurangi jejak karbon dari proses produksi dan distribusi,” imbuhnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO