Ini Alasan Kakanwil BPN Pakai Baret dan Tongkat Komando

JagatBisnis.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional memamerkan 2 atribut baru, yaitu baret dan tongkat komando. Kedua atribut tersebut digunakan oleh seluruh Kepala Kanwil (Kantor Wilayah) BPN di seluruh Indonesia,

Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto mengungkapkan, pemberian atribut itu bukan tanpa alasan, hal tersebut diambil dari filosofis para aparat penegak hukum, yang juga menggunakan baret dan tongkat komando, seperti diketahui Menteri Hadi merupakan Mantan Panglima.

“Sekarang saya tambahkan baret, dan stik, apa tujuannya, saya setarakan dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati), Kejaksaan Negeri (Kejari), Kapolres, hingga Kadandim,” kata Hadi dalam konferensi persnya, di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga :   Menteri Sofyan A. Djalil Tinjau Proyek Pembangunan Tanggul Pengaman Pantai

Menurutnya dengan adanya pemberian atribut tambahan tersebut diharapkan bisa memberikan kewibawaan bagi para kepala BPN di wilayah untuk berani memberantas mafia tanah. Selain itu, dengan adanya ‘atribut militer’ yang diberikan oleh para Kakanwil di daerah bisa membuat satu komando ketika ada perintah dari atas, untuk langsung dilaksanakan hingga kebawah.

Baca Juga :   1.043 Sertipikat PTSL Telah Dibagikan Kepada Masyarakat Tangsel

“Kemudian juga menggunakan stik, supaya mereka konfiden untuk tampil ke depan, di samping itu kita ingat bahwa ATR/BPN ini adalah institusi vertikal. Artinya apa ketika kita memberikan perintah atau dalam bahasa militernya komando, tapi ini perintah karena ini sipil,” lanjut Hadi

Baca Juga :   Wamen ATR/BPN: Status Wakaf Harus Disertifikasi

Dia menambahkan, dalam kaitannya untuk memberangus mafia tanah, pihaknya bakal siap turun ke lapangan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di masyarakat. Sehingga dirinya paham betul dengan permasalahan yang sedang terjadi. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO